Gubernur Sumut Lantik Erik Ritonga Jadi Bupati Labuhanbatu


116 view
Gubernur Sumut Lantik Erik Ritonga Jadi Bupati Labuhanbatu
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
LANTIK BUPATI: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyaksikan penandatanganan oleh Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar saat dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (13/9).
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Erik Adtrada Ritonga dan Ellya Rosa Siregar menjadi Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu. Erik-Ellya dilantik usai menang di pemungutan suara ulang (PSU) jilid 2.

"Pada akhirnya, dilantik juga bupati dan wakil bupati," kata Gubernur Edy Rahmayadi dalam sambutannya di rumah dinas Gubernur Sumut, Medan, Senin (13/9).

Edy mengatakan bupati dan wakil bupati yang baru dilantik harus bekerja serius untuk kepentingan rakyat. Edy tidak ingin rakyat hidup sulit meski sudah ada pemimpinnya. "Anda lakukan ini demi rasa sayang kepada rakyat yang dicintai, khususnya di Labuhanbatu. Jangan lupakan sumpah yang diucapkan," tuturnya.

Edy mengatakan, bekerja sebagai pemimpin harus bekerjasama dengan pihak lain. Untuk pemerintahan kata Edy, kerjasama harus dilakukan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Bersama Forkopimda, pegang benar. Tak bisa kerja sendiri-sendiri. Saya juga sudah rasakan, tak bisa kerja sendiri-sendiri. Lakukan yang terbaik," ujarnya.

Usai dilantik, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada meminta semua pihak melupakan kontestasi Pilkada yang dilakukan hingga tiga kali. Erik meminta semua pihak untuk bersama-sama membangun Labuhanbatu. "Tidak usah ada lagi perpecahan di antara kita yang di Labuhanbatu. Bersatu membangun daerah yang kita sayangi, sehingga ke depan Labuhanbatu bisa maju," tuturnya.

Erik mengatakan akan merangkul semua pihak untuk membangun Labuhanbatu. Dia juga berjanji akan mengajak pesaingnya Andi Suhaimi untuk berdiskusi dalam rangka membangun Kabupaten Labuhanbatu. "Sudah pasti, kita nanti akan berdiskusi dengan beliau," jelasnya.

Seperti diketahui, Erik-Ellya harus melalui dua kali PSU sebelum akhirnya disahkan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu. Pada pemilihan umum awal Erik-Ellya kalah dengan pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar (Andi-Faizal).

Atas keputusan itu, Erik kemudian membuat gugatan dan kemudian Majelis Konstitusi (MK) memutuskan untuk melakukan PSU di 9 TPS. Pada PSU pertama, Erik-Ellya mengungguli Andi-Faizal.

Mendapatkan hasil itu, kini Andi-Faizal yang membuat gugatan dan kemudian diputuskan MK untuk melakukan PSU di 2 TPS. Pada PSU kedua itu Erik-Ellya tetap unggul dari Andi-Faizal.

Berikut hasil Pilkada Labuhanbatu setelah PSU jilid 2 yang turut dibacakan di MK: Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap (Tigor-Idlin) memperoleh 19.552 suara. Erik Adtrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar (Erik-Ellya) memperoleh 88.381 suara. Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar (Andi-Faizal) memperoleh 88.298 suara. Abdul Roni-Ahmad Jais (Roni-Jais) memperoleh 28.349 suara dan Suhari Pane-Irwan Indra (Suhari-Irwan) memperoleh 12.734 suara.
Lantik Ketua TP PKK Labuhanbatu
Usai pelantikan bupati, selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Sumut yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Nawal Lubis melantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Labuhanbatu Maya Hasmita. Nawal berpesan Dekranasda Labuhanbatu harus memiliki produk yang membanggakan dan punya nilai jual yang signifikan.

Khusus PKK, Nawal berpesan agar TP PKK Labuhanbatu terus menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebab hal itu juga merupakan tugas TP PKK daerah.

"Pandemi Covid-19 belum usai maka TP PKK harus senantiasa mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga penularan Covid-19 bisa terputus," pesannya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pangdam I/Bukit Barisan Hassanudin, Wakapolda Sumut Dadang Hartanto dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Fitriyus serta undangan lainnya. (A13/E5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com