Gubernur Sumut Sampaikan R-APBD 2021 Rp13,7 Triliun ke DPRD SU


173 view
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
SERAHKAN: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan nota keuangan R-APBD TA 2021 Rp13,7 triliun kepada Wakil Ketua DPRD Sumut H Harun Mustafa Nasution dan Rahmansyah Sibarani, disaksikan Sekda Provsu Hj Sabrina dan Sekwan Afifi Lubis, Jumat (20/11) di DPRD Sumut.
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan nota keuangan tentang R-APBD (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) TA 2021 sebesar Rp13,7 triliun ke DPRD Sumut untuk dibahas anggota legislatif tersebut.

Penyampaian nota keuangan R-APBD Sumut TA 2021 itu dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Sumut yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Rahmansyah Sibarani didampingi Wakil Ketua H Harun Mustafa Nasution, Jumat petang (20/11) di ruang rapat paripurna dewan.

Menurut Edy Rahmayadi, R-APBD TA 2021 ini ditargetkan, pendapatan daerah sebesar Rp13,5 triliun dan belanja Rp13,7 triliun.
"Pendapatan daerah itu berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp5,9 triliun meliputi beberapa sumber penerimaan yaitu pendapatan pajak daerah sebesar Rp5,4 triliun, " katanya.

Selain itu, pendapatan dari retribusi daerah Rp34,6 miliar, pendapatan dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp356,2 miliar dan pendapatan lain-lain yang sah ditargetkan sebesar Rp162 miliar.

“Pendapatan transfer yang bersumber dari transfer pemerintah pusat pada APBD tahun anggaran 2021 ditargetkan sebesar Rp7,4 triliun,” katanya.

Sementara, belanja daerah pada APBD 2021 dianggarkan sebesar Rp13,7 dengan alokasi belanja operasi Rp10,2 triliun, belanja modal Rp1 triliun lebih, belanja tidak terduga Rp75 miliar, belanja transfer Rp2,3 triliun.

Dari perbandingan jumlah target pendapatan dan jumlah rencana belanja, maka pada APBD 2021 akan mengalami defisit anggaran sebesar Rp232 miliar.

“Tentu menjadi harapan kita bersama kiranya pembahasan APBD tahun anggaran 2021 ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya, dengan tetap mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kewenangan pemerintah daerah dan kemampuan keuangan daerah,” katanya..

Ia juga berharap kerja sama antara DPRD Sumut dan Pemprov Sumut dapat lebih baik lagi demi kepentingan masyarakat Sumut, guna mewujudkan Sumut yang maju, aman, sejahtera dan bermartabat.

Usai Gubernur Sumut menyampaikan pidato nota pengantarnya, dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan buku nota keuangan tentang R-APBD 2021 kepada Wakil Ketua Dewan Rahmansyah Sibarani dan Harun Mustafa Nasution.(M03/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com