HUT Ke-77 Bhayangkara, Kapolrestabes: Secara Data Kasus Begal Sudah Menurun


209 view
HUT Ke-77 Bhayangkara, Kapolrestabes: Secara Data Kasus Begal Sudah Menurun
(Foto: Dok/Humas Polrestabes)
FOTO BERSAMA: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK didampingi Wakapolrestabes AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kasat Binmas AKBP Marudut Hutabarat dan Kasi Humas Kompol Riama Siahaan foto bersama Wartawan Unit Polrestabes Medan usai berbincang-bincang sekaligus mengucapkan HUT ke-77 Bhayangkara di Mapolrestabes, Selasa (4/7). 
Medan (SIB)
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK mengatakan begal dan kejahatan jalanan di Kota Medan, secara data mulai drastis menurun.
Hal itu disampaikan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda saat menerima kunjunga Wartawan Unit Polrestabes Medan dalam rangka Hut ke-77 Bhayangkara di Mapolrestabes, Selasa (4/7). Dikatakan Valentino, pihaknya akan terus berusaha menekan aksi begal dan kejahatan jalanan melalui patroli rutin dan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).
"Begal secara data telah terjadi penurunan. Namun dengan adanya pemberitaan terutama kasus menonjol, nilai positifnya kami harus terus berbenah dan banyak hal yang perlu kami tingkatkan di era revolusi 4.0 ini. Kami sadar harapan masyarakat juga sangat tinggi," ungkap Kombes Valentino didampingi Wakapolrestabes AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kasat Binmas AKBP Marudut Hutabarat dan Kasi Humas Kompol Riama Siahaan.
Lanjutnya, dalam sebulan terakhir (Juni) Polrestabes Medan setidaknya meringkus 140 tersangka kejahatan jalanan termasuk pelaku begal yang menewaskan mahasiswa UMSU. Sebanyak 4 tersangka pelaku diberikan tindakan tegas dan terukur, sedangkan 4 pelaku lainnya masih diburu. Ini membuktikan bahwa Polrestabes terus berupaya menciptakan Medan yang aman dan kondusif melalui kegiatan preemtif dan preventif.
"Kita ketahui memang ada saja informasi dan kejadian yang kita terima. Kalau beritanya massif dapat mempengaruhi situasi Kota Medan, dan ini resiko di kota besar. Tantangannya lebih kompleks dan tuntutan masyarakatnya cukup tinggi," kata mantan Dir Lantas Polda Sumut itu.
Valentino mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam menerima informasi dan menyebar informasi, karena akan sangat mempengaruhi situasi Kamtibmas di Kota Medan. "Pelaku penyebar informasi hoaks soal begal sudah diidentifikasi dan dipetakan. Kalau ada pelanggaran akan kami tindak," ujarnya.
Kapolrestabes melanjutkan, media juga sangat berperan penting dalam menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Medan. "Begitu juga dengan Wartawan Unit Polrestabes Medan (Tim Merah Putih) yang selama ini menjadi partner Polrestabes untuk mempublikasikan apa yang sudah dilakukan Polrestabes Medan," pungkasnya.
Sementara itu Ketua Wartawan Unit Polrestabes Medan Drs Iwan Suherman menyatakan sebagai mitra Polri, wartawan berkeinginan adanya keterbukaan informasi, sehingga pesan yang disampaikan kepada publik akurat dan benar.
"Kami berharap agar kemitraan Polri dan media terus terjalin baik ke depan. Apalagi di era digitalisasi ini arus informasi semakin deras. Kami juga mengucapkan selamat Hut ke-77 Bhayangkara. Semoga Polri semakin dicintai rakyat sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarat. Bravo, Polri Presisi untuk Negeri," ucap Iwan.(A9/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com