HUT M1R SS, Naslindo Sirait Imbau Warga Kaya Belanja di Sumut untuk Jaga Inflasi


221 view
HUT M1R SS, Naslindo Sirait Imbau Warga Kaya Belanja di Sumut untuk Jaga Inflasi
(Foto: M1R SS SU)
Naslindo Sirait: Gubernur  Edy Rahamayadi diwakili Kepala Biro Perekonomian Naslindo Sirait (tengah depan) bersama sesepuh JA Ferdinandus di peringatan HUT ke-2 M1R SS SU di Medan Club - Medan, Minggu (13/11). Di antaranya Ketua Stenly Victor Hahury, Rochani Litiloly, Hetty DeFretes, Ketua BKOW Sumut bersama Ketua Perwama Ina Tetna Haurissa - Kaban serta mantan atlet internasional warga Maluku asal Sumut - Aceh. 

Medan (SIB)

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahamayadi, diwakili Kepala Biro Perekonomian Naslindo Sirait mengimbau warga Sumut belanja di daerah domisilinya masing-masing. Yang dibelanjakan adalah produk Indonesia dan sangat baik jika produk Sumut.


“Warga kaya juga. Belanja di Sumut saja. Sangat bagus jika yang dikonsumsi produk daerahnya. Itu baik untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan terus menjaga inflasi seimbang,” ujarnya dalam sambutan di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane (SS) SU di Medan Club - Medan, Minggu (13/11).


Naslindo Sirait mengatakan, kerja keras warga terbukti berhasil menjaga inflasi hingga Sumut beroleh pujian dari pemerintah yang muaranya Presiden Joko Widodo dalam hal ini Kementerian Keuangan memberi insentif pada Sumut.


“Belanja itu penting... tapi prioritas belanja untuk kebutuhan ya, sebab berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Sekarang perekonomian dunia sedang kurang baik tapi Indonesia mampu melaluinya jika warganya bekerja sama,” tegasnya.


Khusus mengenai keluarga besar M1R SS SU yang sebagian besar dikenalnya antara lain JA Ferdinandus.


Sejak masih aktif di GAMKI, patron pergerakan partisipatif JA Ferdinandus di sektor pertanian khususnya tembakau, dipanutinya.


“Khususnya dalam membangun kebersamaan lintas agama dan suku. Om JA Ferdinandus ini adalah panutan kami di organisasi kegerejaan,” jelas Sirait.


Ia berharap kontribusi warga Maluku khususnya di M1R SS dalam membangun Sumut untuk terus berlanjut. “Khususnya dewasa ini di mana perekonomian butuh partisipasi maksimal warganya.


Ia mengulangi, Sumut yang mendapat dana insentif pertumbuhan ekonomi dan sejumlah daerah seperti Pakpakbarat, Samosir, Pematangsiantar dan Gunungsitoli yang dinilai berkontribusi positif hingga mendapat insentif dari Kemenkeu.


JA Fedinandus berterima kasih perhatian gubernur dan direalisir Naslindo Sirait.


“Kami warga Maluku pasti mendukung pemerintahan karena kami sudah digariskan untuk tumbuh bersama dalam NKRI dan Sumut Bermartabat. Perhatikan subtema perayaan HUT M1R SS ini,” ujarnya.


Ia mengapresiasi sebab Naslindo Sirait berniat berkontribusi donasi mendukung kegiatan perayaan yang meriah.


“Dana perayaan ini ‘membengkak’ karena semula out door dipindah ke in door. Dan benar, hujan deras. Jika perayaan di luar, dapat hubar-habir,” tambah JA Ferdinandus.


Ketua M1R SS Stenly Victor Harury mengatakan, memimpin organisasi butuh pengorbanan tapi tak ada urusan mencari kepeng sebab organisasi ini adalah himpunan warga Maluku yang bersedia mengabdi untuk sesama, khususnya saudara gandong.


“Meski tak ada bantuan dari pemerintah, tapi M1R SS SU punya kewajiban berbagi. Minimal mendekati Idul Fitri dan Natal,” ujarnya.


Ia meminta warga Maluku untuk sama-sama membantu sesama. Apalagi yang kena musibah.


Seperti banjir dan yang terdampak ekonomi sebab pandemi dan kenaikan BBM. “Kita tegus realisir pela gandong,” tutup Stenly Hahury.


Ketua Panitia Rochani Litiloly melaporkan, meski perayaan HUT M1R SS SU namun warga Maluku datang dari Aceh.


Biaya yang diperlukan, ditanggulangi secara mandiri oleh kelaurga besar Maluku.


“Kami berterima kasih sebab Gubernur khususnya Pak Naslindo Sirait peduli dan berkontribusi. Allah SWT yang membalas kebaikannya,” ujarnay didampingi Bendaraha Hetty DeFrettes.


Perayaan ditandai pemotongan tumpeng dan pemberian stola pada Naslindo Sirait yang dilakukan JA Ferdianndus. (R10/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com