HUT SIB, Gapeksindo Sumut Harap Milenial dan Gen-Z Dibimbing Gali Informasi dari Media Cetak


298 view
HUT SIB, Gapeksindo Sumut Harap Milenial dan Gen-Z Dibimbing Gali Informasi dari Media Cetak
Foto: Era Gapeksindo Muda
HUT SIB: Ketua Gapeksindo SU, Erikson Lumbantobing (kanan), dalam diskusi soal media cetak dan HUT Harian SIB di Medan, Senin (8/5) bersama Parlindungan Purba SH MM (tengah) dan Ketua Divisi Penggalangan Kelompok Khusus DPC PSI Medan, Steve Excel Aditya Korua (kiri). 

Medan (SIB)

Ketua Gabngan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sumatera Utara (SU), Erikson Lumbantobing berharap semua pihak tetap mengakrabi media cetak.

“Khusus untuk milenial dan Generasi Z (Gen-Z) harus ada pendampingan untuk menggali informasi dari media cetak. Hal itu diperlukan dalam maksud perimbangan informasi sebab apa yang didapat dari media sosial berbasis teknologi digital masih harus disaring isi informasinya,” ujarnya di Medan, Senin (8/5), di jeda diskusi dengan mantan anggota DPD RI Dr Parlindungan Purba SH MM dan Ketua Divisi Penggalangan Kelompok Khusus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Medan, Steve Excel Aditya Korua.

Erikson Lumbantobing menunjuk khusus pada Steve Excel Aditya Korua yang bergabung dengan partai berbasis milenial dan Gen-Z yang harus bertanggung jawab dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. “Saya, kalau boleh cerita, adalah bagian dari Harian SIB sebab masa remaja disuplai informasi oleh media yang didirikan DR GM Panggabean tersebut. Militansi saya sebagian pun terbangun sebab media tersebut,” tegasnya.

Ia mengatakan, kehidupan memang ada masanya. Mulai dari era audio kemudian bergeser ke audiovisual. Mulai dari black and white terus menjadi berwarna. Media cetak pun demikian. Memegang peranan penting sejak masa kolonial hingga jadi alat perjuangan. Merangkak menjadi alat untuk mengisi pembangunan saat kemerdekaan. Dimulai dari black and white dan pada 1980-an kemudian ada ‘pelangi’ di media cetak di Tanah Air.

“Harian SIB pun demikian yang kini berhadapan dengan ada era teknologi digital. Persoalannya, media berbasis tekologi digital, tak menjamin informasi yang akurat dan berimbang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan makin banyak hoax. Di situlah peran media cetak khususnya yang terferivikasi seperti Harian SIB,” tambahnya sambil mengatakan media cetak tetap menjadi alat kecerdasan bangsa. “Minimal dalam upaya meningkatkan semangat dan kemauan membaca dalam menggali informasi sehat dan positif,” simpulnya.

Ia ingat saat remaja di mana orangtuanya menjadikan Harian SIB satu-satunya sumber informasi. Kebiasaan itu terus menjalar ketika ia mulai masuk ke industri tenaga kerja. “Sampai sekarang ini lho,” tambahnya.

Terkait menggali informasi dari media cetak, Erikson Lumbantobing minta pemerintah juga melakukan upaya-upaya masif agar masyarakat dipermudah mengakses media cetak. “Tetapi media cetak memang harus bertransformasi dalam penyajiannya,” tutupnya. (R10/r)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com