HUT ke-77 RI Diharapkan Jadi Momentum Pulih dari Krisis

* Hari Ini, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Umumkan Skenario Subsidi BBM

448 view
HUT ke-77 RI Diharapkan Jadi Momentum Pulih dari Krisis
Foto : Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta (SIB)

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap agar peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 menjadi titik tolak bangsa Indonesia untuk bergerak bersama. Agar Indonesia bisa pulih cepat dan tumbuh lebih kuat dengan bergotong-royong memulihkan kondisi di berbagai sektor yang terdampak krisis.


"Tema Hari Kemerdekaan RI tahun ini, Pulih Lebih Cepat, Tumbuh Lebih Kuat harus mendorong anak bangsa untuk mewujudkannya lewat upaya bersama mengobarkan komitmen kebangsaan yang kita miliki," kata Lestari dalam keterangannya, Senin (15/8).


Menurutnya, keinginan pulih lebih cepat tidak mungkin terwujud tanpa peran serta aktif seluruh anak bangsa dalam mewujudkannya. Ia pun menilai setelah pulih dan tumbuh menjadi lebih kuat, bangsa ini juga harus teguh melaksanakan nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendahulu bangsa.


Perempuan yang akrab disapa Rerie ini pun mengingatkan bahwa upaya mengaktualisasikan nilai-nilai kebangsaan dan semangat gotong-royong di era kekinian menjadi pekerjaan rumah dari para pemangku kepentingan negeri yang harus segera dituntaskan. Harapannya, agar generasi penerus bangsa bisa melestarikan dan melaksanakannya.


Lebih lanjut, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini menyebutkan di era keterbukaan informasi seperti saat ini kerap kali muncul berbagai ancaman. Mulai dari bahaya radikalisme, separatisme, hingga penyebaran berita bohong (hoaks) yang bisa berujung ancaman perpecahan di tengah masyarakat.


Oleh karena itu, anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah ini menegaskan pentingnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan sebagai acuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk segera diwujudkan dan disebarluaskan.


Menurutnya, pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan yang lebih kuat ini dapat memicu bergeloranya semangat bela negara yang dapat memperkuat persatuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Umumkan


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato terkait RUU APBN 2023 dan Nota Keuangan dalam Rapat Tahunan MPR dan Rapat Bersama DPR dan DPD RI pada hari ini Selasa (16/8).


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Jokowi esok bakal menyampaikan sejumlah strategi pemerintah untuk keberlanjutan program subsidi energi termasuk di dalamnya subsidi BBM.


Pernyataan itu dipersiapkan guna menghadapi pendapatan negara yang perlahan menipis ketika windfall profit dari kenaikan harga komoditas mulai melandai.


"Tentu pemerintah akan terus mengkaji skenario-skenario yang ada. Nanti akan diumumkan oleh pidato bapak Presiden," kata Menko Airlangga saat dijumpai di The Ritz Carlton Jakarta, Senin (15/8).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com