Hebohnya Jalan Santai di Kendari hingga Tangan Jokowi Terluka

* Blusukan ke Pasar Beli Baju dan Mainan untuk Cucu

334 view

Kendari (SIB)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berolahraga bersama ribuan warga Kendari, Sulawesi Tenggara. Tingginya antusiasme warga untuk menyapa membuat tangan kanan Jokowi terluka. Hal itu terjadi setelah Jokowi meresmikan kegiatan jalan sehat bersama warga Kendari di kawasan Tugu Religi, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/ 3).

Seusai peresmian, Jokowi berbaur dengan masyarakat untuk berolahraga bersama. Posisi Jokowi, yang mengenakan kaus berwarna putih dibalut jaket biru, membuat masyarakat antusias untuk mendekat. Masyarakat berebut untuk bisa menyapa, berfoto, dan bersalaman dengan Jokowi.

Kondisi tersebut membuat suasana menjadi heboh. Dalam kondisi sesak tapi tetap dalam pengawalan Paspampres itu, Jokowi tetap meladeni permintaan salam warga. Tangan Jokowi tak henti berjabat dengan tangan-tangan warga Kendari. Hingga pada satu waktu, Jokowi berhenti sejenak dan melihat punggung tangan kanannya terluka diduga karena tercakar warga. Jokowi kemudian naik ke atas panggung.

Pantauan, ajudan dan asisten ajudan langsung sigap memberikan plester luka kepada Jokowi. Mereka jugamembawa obat luka. Sambil jongkok, Jokowi menempelkan plester itu ke tangannya yang terluka. Selanjutnya, Jokowi bukannya berhenti. Dia malah melanjutkan bersalaman dengan warga.

Bahkan sesekali terlihat plester luka itu terbuka dan Jokowi menutupnya kembali.

Seusai kegiatan di Tugu Religi, Jokowi melanjutkan kegiatan ke kawasan TPI Sodoha untuk penyaluran Bantuan Ultra Mikro kepada pedagang.

TIM DOKTER SIGAP

Pihak Istana Kepresidenan menegaskan luka yang dialami Jokowi itu tak mengganggu kegiatannya. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan luka yang didapat Jokowi itu terjadi saat Jokowi berbaur dengan warga dalam acara jalan sehat bersama ribuan warga di Tugu Religi, Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Ya di keramaian Bapak menyalami warga dan biasanya ada yang narik Bapak untuk salaman, kadang warga berebutan salaman," kata Heru. Meski demikian, kata Heru, luka itu tidak mengganggu kegiatan Jokowi. Apalagi ada tim dokter kepresidenan yang selalu sigap dalam merespons situasi seperti itu.

"Tidak mengganggu kegiatan Bapak. Dan selalu ada tim dokter yang sigap untuk mengatasi hal-hal tersebut," kata Heru.

BLUSUKAN KE PASAR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga blusukan ke Pasar Sentral Kota Kendari ditemani sang istri, Iriana, pagi ini. Di pasar tersebut, Jokowi menyempatkan diri berbelanja baju hingga mainan untuk kedua cucunya.

Jokowi tiba di pasar tersebut sekitar pukul 09.00 WITA. Jokowi yang mengenakan kaos oblong berwarna putih kemudian berjalan- jalan di dalam pasar dan tampak berhenti di sebuah kios baju.

Mantan Gubernur DKI itu kemudian memilih dress dan peci berukuran kecil. Sepotong pakaian perempuan dibeli Jokowi untuk cucu kedua Sedah Mirah, dan tiga peci/songkok kecil untuk cucu pertama, Jan Ethes Sri Narendra.

"Bapak membeli baju bayi perempuan satu dan songkok kecil tiga," ungkap sang pedagang, Masidah. Masidah menyebut total belanjaan Jokowi sekitar Rp 400.000.

Tak hanya pakaian, Jokowi dan Iriana juga berbelanja mainan untuk kedua cucunya tersebut. Mainan yang dibeli Presiden antara lain Mini Mouse Music Dance, mobil-mobilan, dan bola.

Setelah berbelanja baju dan mainan untuk sang cucu, Jokowi dan Iriana membeli sayuran dan buah-buahan. Jokowi menyebut masyarakat Kendari menyambutnya dengan sangat antusias.

"Harga-harga baik semua, yang turun justru cabai, beras stabil saya lihat, duren stabil," kata Jokowi. "Ya saya melihat di Sultra masyarakat sangat ramah, dan meriah menyambut tetapi ya mungkin saya terlalu lama nggak ke sini," ujarnya. Jokowi mengingat bahwa dia terakhir kali ke Kendari adalah pada November 2014 saat Munas Kagama. (detikcom/f)

Penulis
: admin
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com