Hiu Berwajah Mirip Manusia Ditemukan di Rote Ndao NTT


174 view
Hiu Berwajah Mirip Manusia Ditemukan di Rote Ndao NTT
(Foto: dok Pribadi)
MIRIP MANUSIA: Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan nelayan di Rote Ndao, NTT, Minggu (22/2). 
Jakarta (SIB)
Seekor hiu yang bentuk mukanya mirip wajah manusia bikin heboh warga di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hiu tersebut menyedot daya tarik masyarakat karena bentuk fisik yang tidak umum.

Hiu tersebut ditemukan seorang nelayan di Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, NTT, bernama Abdullah Feroh. Feroh mengatakan hiu berwajah mirip manusia itu ditemukan dari dalam perut seekor hiu dewasa yang tersangkut di jaringnya saat melaut.
Berdasarkan foto yang dikirimkan Feroh, tampak hiu tersebut memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm. Lebar badan ikan itu terlihat tak lebih dari 5 cm.

Hiu tersebut memiliki sirip di bagian atas dan bawah tubuhnya. Pada ujung sirip dan ekor hiu tersebut berwarna hitam. Diduga hiu tersebut jenis hiu karang sirip hitam.

Kondisi terbaru, hiu tersebut sudah terlihat sudah mengering. Tubuh anak hiu tersebut juga terlihat melengkung.
Feroh mengaku awalnya menemukan hiu yang tersangkut di jaringnya saat melaut pada Minggu (22/2) sekitar pukul 23.00 Wita. Saat tiba di daratan, dia menyadari hiu tersebut telah mati.

Feroh lalu memotong-motong hiu tersebut untuk dijual dagingnya. Dia baru menyadari ternyata hiu itu dalam keadaan hamil setelah menemukan dua ekor anak hiu di dalam perut induk hiu tersebut.

"Saya pakai jaring dapat induknya. Ada 1 ekor induknya tapi bunting. Ada dua anak dalam perutnya. Satunya normal, satunya bentuknya seperti manusia," kata Feroh saat dihubungi, Rabu (24/2).

Dia mengatakan anak hiu tersebut juga ditemukan dalam kondisi mati di perut induknya. Bentuk kepala ikan tersebut mengerucut pada bagian ujung kepalanya seperti kepala ikan hiu pada umumnya. Hanya saja, mata hiu yang terlihat bulat tersebut berada pada bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya. Sebagaimana diketahui, pada umumnya mata hiu berada pada bagian samping kepala.

Feroh mengatakan mata anak hiu tersebut asli. Sementara pada anak hiu yang lainnya, kondisi matanya normal seperti induknya.

"Itu matanya asli (di bawah), tidak diedit. Yang satu lagi normal, matanya di samping kepala seperti induknya," ujar Feroh.

Keberadaan hiu yang wajahnya mirip manusia tersebut terungkap lewat video yang beredar di media sosial (medsos). Hiu tersebut heboh diperbincangkan karena bentuk wajahnya yang tak umum.

EFEK LIMBAH
Sementara itu, ahli oseanografi dari Universitas Diponegoro (Undip), Prof Agus Hartoko, menjelaskan soal hiu tersebut. Dia menduga hiu mengalami kerusakan genetik. Hal ini didasarkan pada kondisi hiu berwajah mirip manusia itu ditemukan dari dalam perut induknya.

"Kalau itu dari perut ikan bisa jadi kerusakan genetik. Bisa karena penyakit, parasit, pencemaran logam berat atau kimiawi. Misal induknya makan apa yang beracun itu bisa kena ke bayinya," kata Prof Agus.

Prof Agus mengatakan hiu itu bisa dipastikan secara akurat jenisnya dengan melakukan pemeriksaan DNA. "Bisa dicek pakai tes DNA itu, nanti bisa diketahui jenisnya," katanya.

Namun dia menambahkan, di lautan banyak binatang yang belum banyak diketahui masyarakat secara umum. Sebab, banyak juga jenis binatang yang hidup di laut dalam.

Dia mengaku pernah menemukan hewan laut dalam dengan bentuk yang tidak seperti umumnya.
"Hewan sampai kedalaman 5.000 meter itu banyak bentuk aneh. Saya punya beberapa contohnya dan bentuknya jarang dilihat karena aneh. Kalau dikaitkan dengan makhluk aneh karena kita belum banyak tahu atau melihat" kata Prof Agus.

"Saya pernah menemukan ada hiu, ada buntal laut dalam, octopus laut dalam atau Vampyroteuthis sp. Yang terakhir ini terlihat seram memang seperti vampir penghisap darah," tambahnya. (Detikcom/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com