Honor Ketok Palu Hakim Agung Tembus Rp 65 Miliar/Tahun


298 view
Honor Ketok Palu Hakim Agung Tembus Rp 65 Miliar/Tahun
Foto : Shutterstock
Ilustrasi.

Jakarta (SIB)


Hakim Agung kini makin sejahtera. Sebab, selain mendapat gaji Rp 75 jutaan per bulan, mereka akan mendapatkan honor ketok palu. Bila ditotal, dalam setahun total hakim agung akan mendapatkan honor Rp 65 miliaran.

Hitung-hitungan itu berasal dari honor ketua majelis kasasi/PK sebesar Rp 1,25 juta per perkara. Adapun anggota majelis sebesar Rp 1 juta. Berdasarkan Laporan Tahunan MA 2020, pada 2020, MA mengadili sebanyak 20.562 perkara yang telah diputus dari total perkara yang ada, yaitu 20.761 perkara.

Bila satu majelis mendapatkan honor Rp 3,25 juta, dalam setahun sedikitnya hakim agung mendapatkan Rp 65 miliar dari memutus perkara. Bila ada 50 hakim agung, tiap hakim agung mendapatkan honor ketok palu Rp 1,3 miliar per tahun.

Besaran ini tidak ditampik oleh Jubir Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Nganro.

"Realisasi PP Nomor 82," kata Andi Samsan Nganro.

PP yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2021 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi. Dalam Pasal 13 ayat 1 disebutkan:

Hakim Agung diberikan honorarium dalam hal:

a. penanganan perkara pada Mahkamah Agung; dan

b. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

"Ketentuan pemberian honorarium bagi Hakim Agung sebagaimana dimaksud dalam pasal 13 ayat (1) diatur dengan Peraturan Sekretaris Mahkamah Agung," demikian bunyi Pasal 13B ayat 1.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com