IPW: Jenderal Sigit Sedang Bersih-bersih Polri dari ‘Tangan-tangan' Kotor

* Muhammadiyah Apresiasi Kapolri Tindak 3 Jenderal

198 view
IPW: Jenderal Sigit Sedang Bersih-bersih Polri dari ‘Tangan-tangan' Kotor
Foto : Ari Saputra/detikcom
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso.

Jakarta (SIB)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memeriksa 25 anggota Polri terkait kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. Indonesia Police Watch (IPW) menilai Jenderal Sigit sedang bersih-bersih di internalnya.


"Pemeriksaan terhadap 25 anggota Polri terkait kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Yosua merupakan bersih-bersih pimpinan Polri terhadap 'tangan-tangan kotor' yang mencoreng institusi Polri," ujar Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso dalam siaran persnya, Jumat (5/8).


Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta agar pengusutan kasus kematian Brigadir Yoshua diproses secara terbuka dan tidak ditutup-tutupi. IPW menilai pemeriksaan terhadap puluhan anggota Polri dari mulai pangkat jenderal hingga tamtama ini diharapkan dapat menjaga marwah institusi Polri.


"Sehingga, pemeriksaan personel Polri dengan pencopotan 1 Irjen, 2 Brigjen, 5 Kombes, 2 Kompol, 7 Perwira Pertama, serta 5 Bintara dan Tamtama yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut, bertujuan menjaga marwah lembaga Polri yang sedang terpuruk oleh hujatan masyarakat," paparnya.


IPW mengapresiasi ketegasan Sigit yang berkomitmen untuk menindak tegas setiap personel Polri yang terlibat dalam peristiwa di rumah Irjen Ferdy Sambo itu. Dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis (4/8) malam tadi, Sigit pun menegaskan akan menindak setiap personel yang terlibat baik melanggar kode etik dan pidana terkait kematian Yoshua ini.


"Dengan kenyataan ini, IPW meminta Tim Khusus Internal bentukan Kapolri yang terdiri anggota Polri senior dan peraih Adhi Makayasa untuk menerapkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap anggota Polri tersebut.


Sebab, mereka telah melakukan pelanggaran berat Kode Etik Profesi Polri (KEPP) berupa ketidakprofesionalan dalam melaksanakan tugas," ujar Sugeng.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com