Ikan Predator Red Devil Resahkan Nelayan Danau Toba, KKP Didesak Ambil Tindakan


196 view
Ikan Predator Red Devil Resahkan Nelayan Danau Toba, KKP Didesak Ambil Tindakan
(Foto Dok/Gusmiyadi)
TUNJUKKAN : Anggota DPRD Sumut dapil Siantar-Simalungun, Gusmiyadi, menunjukkan hasil tangkapan nelayan saat berkunjung ke Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, baru-baru ini. 
Simalungun (SIB)
Anggota DPRD Sumatera Utara dapil Siantar-Simalungun Gusmiyadi mendesak Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) segera melakukan tindakan yang diperlukan guna mengontrol perkembangbiakan ikan red devil yang sangat ganas dan telah meresahkan nelayan tradisional di Perairan Danau Toba.

Desakan tersebut disampaikan Gusmiyadi setelah mendengar keluhan para nelayan ketika berkunjung ke Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, baru-baru ini.

Gusmiyadi kepada SIB, Minggu (14/11) mengatakan, saat ini populasi ikan predator setan merah (red devil) atau ikan louhan di perairan Danau Toba dalam dua tahun terakhir ini diyakini sudah semakin berkembang biak. Pasalnya, keberadaan ikan red devil tersebut dikhawatirkan telah memangsa anakan ikan komersil seperti nila, ikan mas, mujair dan udang.

Hal ini terlihat dari satu tahun belakangan ini hasil tangkapan nelayan tradisional semakin hari semakin berkurang. Tentu kondisi ini sangat merugikan para nelayan yang tinggal di pinggiran Danau Toba dengan mata pencaharian sebagai nelayan.

Diakuinya, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara harus bertindak cepat mengatasi persoalan yang saat ini telah menjadi keluhan masyarakat di pinggiran Danau Toba yang menggantungkan hidupnya dari ikan.

"Kalau hal ini dibiarkan begitu saja, kita tidak tahu bagaimana nasib nelayan kita 5-20 tahun ke depan, jadi kita minta agar KKP dan DKP serius dan semakin meningkatkan pengawasan restocking ikan agar jangan sembarang menabur benih", tegasnya. (D10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com