Imigrasi Tindak Ratusan WNA, Dideportasi hingga Proses Pidana


195 view
Imigrasi Tindak Ratusan WNA, Dideportasi hingga Proses Pidana
Foto : SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

Jakarta (SIB)

Ditjen Imigrasi Kemenkumham telah melakukan sejumlah tindakan keimigrasian kepada ratusan Warga Negara Asing (WNA) di berbagai daerah di Indonesia dalam kurun Januari-Februari 2023. Tindakan itu berupa deportasi hingga menyerahkan ke instansi terkait untuk diproses pidana.

"Januari-Februari 2023, Imigrasi melakukan 259 Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) terhadap total 630 orang asing," tulis siaran pers Ditjen Imigrasi yang dikutip Minggu (12/3/2023).

Sementara itu, pada pekan pertama Maret 2023, Imigrasi telah memberlakukan TAK terhadap 24 warga negara asing. Kemudian juga ada operasi gabungan antara Kepolisian RI, Ditjen Imigrasi, dan Ditjen Bea dan Cukai menggagalkan upaya penyelundupan ganja yang melibatkan seorang WNA di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada Kamis (9/03).

WNA yang ditangkap itu adalah GM (33), seorang pria berkebangsaan Rusia ditangkap oleh tim gabungan di Wilayah Bali. Selain kasus narkotika, WNA tersebut juga melanggar aturan keimigrasian dengan memberikan keterangan tidak benar untuk memperoleh dokumen keimigrasiannya.

"Saat ini yang bersangkutan kami amankan dan telah diserahterimakan dari Bareskrim Polri pada Jumat (10/3) untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Ditjen Imigrasi di Jakarta," ujar Dirjen Imigrasi, Silmy Karim.

GM menggunakan paspor palsu berkebangsaan Latvia dan tinggal di Bali untuk mengelabui petugas. Setelah dilakukan pencarian melalui data di Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) ternyata data alamat yang bersangkutan palsu dan alamat penjaminnya juga fiktif.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com