Indonesia Diguncang 4 Kali Gempa Bumi, Tidak Berpotensi Tsunami

* BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

267 view
Indonesia Diguncang 4 Kali Gempa Bumi, Tidak Berpotensi Tsunami
Foto: Okezone
Ilustrasi gempa bumi. 

Jakarta (SIB)

Sejak dini hari hingga pagi, Minggu (3/7), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan gempa bumi terjadi wilayah Sumbawa, Bitung, dan dua kali di Aceh.


Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyebut, wilayah Indonesia sudah diguncang tiga gempa signifikan sejak dini hari.


"Sejak pagi dini hari tadi wilayah Indonesia sudah diguncang gempa 3 kali gempa signifikan," tulis Daryono melalui media sosial pribadinya.


Ia menjelaskan, gempa pertama ialah gempa Sumbawa yang terjadi pukul 02.05 WIB di 44 kilometer Baratlaut Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat dengan magnitudo 4,1 dan kedalaman 10 kilometer.


Lalu, gempa kedua, yakni gempa Lut Maluku, terjadi pada pukul 06.49 WIB di 109 kilometer Tenggara Bitung, Sulawesi Utara dengan magnitudo 5,2 dan kedalaman 22 kilometer.


Kemudian, gempa ketiga terjadi pada pukul 07.10 WIB dengan magnitudo 4,9 mengguncang Aceh Tengah, tepatnya di 36 kilometer Timur Laut Kabupaten Naganraya dan kedalaman 54 kilometer.


BMKG juga melaporkan, pada pukul 07.28 WIB telah terjadi gempa di 36 Baratdaya Takengon, Aceh Tengah dengan magnitudo 3,8 dan kedalaman 3 kilometer.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com