Inggris, Belanda, Senegal Lolos 16 Besar

* Kosta Rika vs Jerman: Kemenangan Harga Mati

462 view
Inggris, Belanda, Senegal Lolos 16 Besar
Foto: Antara/REUTERS/Hannah Mckay
SELEBRASI: Pemain Inggris Marcus Rashford berselebrasi Declan Rice dan John Stones usai mencetak gol ke gawang Wales pada laga Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (30/11). 

Doha (SIB)

Timnas Inggris melangkah mantap ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. Ini setelah The Three Lions melibas Timnas Wales 3-0.

Pada pertandingan terakhir Grup B di Ahmad bin Ali Stadium, Rabu (30/11) dini hari WIB, Inggris mencetak seluruh golnya di babak kedua lewat sepasang gol Marcus Rashford yang dilengkapi Phil Foden.

Inggris finis di posisi pertama grup dengan tujuh poin, sementara Wales jadi juru kunci dengan satu poin. Inggris bertemu runner-up Grup A Senegal akhir pekan nanti.

Inggris menurunkan empat pemain baru di susunan tim, termasuk Marcus Rashford dan Phil Foden di lini serang menemani Harry Kane.

Inggris baru bisa menciptakan peluang lagi di menit ke-38. Jude Bellingham melakukan aksi individu menembus 2-3 pemain bertahan Wales, sebelum memberikan umpan pendek kepada Foden.

Usai memutar badan, Foden melepaskan tembakan kaki kiri namun bola melebar. Wales yang lebih banyak bertahan juga tidak banyak mengancam pertahanan Inggris lewat serangan balik.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan lima menit, Inggris memecah kebuntuan lewat Rashford. Mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti, Rashford dengan jitu mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dihalau Danny Ward. Selang semenit kemudian, Foden menggandakan keunggulan Inggris lewat sontekan di tiang jauh meneruskan umpan tarik Kane dari sisi kanan.

Setelah unggul 2-0 Inggris melakukan pergantian beberapa pemain dengan memasukkan Trent Alexander-Arnold, Kalvin Phillips, dan Callum Wilson. Inggris menjauhkan skor jadi 3-0 pada menit ke-68 lewat gol kedua Rashford. Mendapat umpan lambung dari Phillips, Rashford menusuk dari sisi kanan, melewati satu bek sebelum menembak ke tiang dekat gawang Ward.

Memasuki menit pertama injury time, John Stones berdiri bebas di depan gawang saat menerima umpan sundulan rekannya. Bola sepakannya melayang jauh di atas mistar. Timnas Inggris akhirnya menang 3-0 dan melaju ke babak selanjutnya.

Susunan pemain

Wales: Danny Ward; Neco Williams (Connor Roberts 36'), Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies (Joe Morrell 59'); Ethan Ampadu, Joe Allen (Rubin Colwill 81'); Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James (Harry Wilson 77'); Kieffer Moore.

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker (Trent Alexander-Arnold 57'), John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw (Kieran Trippier 65'); Jordan Henderson, Declan Rice (Kalvin Phillips 57'), Jude Bellingham; Phil Foden, Harry Kane (Callum Wilson 57'), Marcus Rashford (Jack Grealish 77').

Belanda, Senegal Lolos

Timnas Belanda dan Senegal menjadi dua wakil Grup A yang maju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kemenangan di laga terakhir fase grup mengantar kelolosannya.

Grup A harus mencari wakil yang lolos ke 16 besar di laga terakhirnya. Belanda, Ekuador, dan, Senegal bersaing merebut tiket.

Di laga terakhir, Belanda menghadapi Qatar di Al Bayt Stadium, dan Ekuador vs Senegal berjibaku di Khalifa International Stadium, Selasa (29/11). Belanda dan Senegal menang di laga itu.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com