Laga Pembuka Euro 2020

Italia Wajib Was-was, Turki Siap Beri Kejutan


67 view
Jean-Christophe Bott/Keystone via AP
Logo Piala Eropa 2020
Roma (SIB)
Kick off Euro 2020 akan dibuka laga Grup A saat Italia bentrok kontra Turki di Stadion Olimpico Roma, Sabtu (12/6) pukul 02.00 WIB. Tuan rumah tentu tidak akan mudah bisa mengatasi sang tamu pada kompetisi Eropa yang sempat tertunda selama setahun akibat pandemi Covid-19 tersebut.

Italia wajib was-was. Pasalnya, main di rumah sendiri bukan jaminan karena Turki tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya. Pasukan Senol Gunes menang empat kali dan dua kali imbang.

Di uji coba terakhir sebelum Euro ini, mereka mengalahkan Moldova 2-0 lewat gol-gol Cengiz Undez kapten Burak Yilmaz. Turki juga memiliki beberapa pemain top di skuad mereka, termasuk Merih Demiral dan Hakan Calhanoglu yang bermain di Italia untuk Juventus dan AC Milan.

Pelatih Italia, Roberto Mancini pun meyakini tidak ada tim yang lemah di Grup A. Apalagi Timnas Turki, Mancini menilai bahwa tim asuhan Senol Gunes merupakan tim yang kuat, sejumlah pemainnya dinilai cukup bagus baik secara fisik dan teknis.

"Setiap tim dipersiapkan dengan baik secara taktis, teknis dan fisik. Ini akan menjadi grup yang sulit. Turki adalah tim yang kuat karena pemain mereka bagus secara teknis dan fisik yang kuat,” ujar Mancini seperti dilansir dari uefa.com.

Sementara Gli Azzurri (julukan Timnas Italia) menyambut laga ini dengan performa bagus. Italia layak dijagokan karena punyamodal bagus melawan Turki.

Italia datang dengan raihan kemenangan di 8 pertandingan terakhir. Bahkan, Italia memenangi 8 laga itu tanpa sekalipun kebobolan. Selain itu, pasukan Roberto Mancini juga sukses mencetak 25 gol ke gawang lawannya.

Pasukan Roberto Mancini juga melakoni dua uji coba sebelum Euro, dan selalu menang besar. Gli Azzurri membantai San Marino 7-0 dan menghajar Republik Ceko empat gol tanpa balas.

Italia juga melalui 27 laga beruntun tanpa tersentuh kekalahan, Italia juga belum pernah kalah melawan Turki. Di atas kertas, Italia layak difavoritkan untuk meraih kemenangan di laga pembuka ini.

Catatan kemenangan Italia dipuji langsung oleh Pelatih Turki, Fatih Terim. Terim pun terkesan dengan skuad muda yang dimiliki Italia di Euro 2020. Sederet darah muda bakal jadi pilar penting di skuat Azzuri.

"Saya waspadai Nicolo Barella, Manuel Locatelli, Alessandro Bastoni, Giacomo Raspadori dan juga Nicolo Zaniolo dan Sandro Tonali yang tak masuk dalam skuat," katanya.

"Saya pikir Roberto Mancini sudah melakukan pekerjaan luar biasa. Italia tim yang solid dengan pemain hebat. Mereka tak kalah di dua tahun terakhir ini," tambahnya.

Adapun Italia memiliki rekor pertemuan yang baik saat jumpa Turki. Italia tak pernah kalah dalam 11 pertemuan terakhir melawan Turki di berbagai kompetisi. Catatannya, 8 kali menang dan 3 kali seri.

Terakhir, kedua tim bertemu November 2006 lalu dengan hasil seri 1-1. Laga bakal berlangsung ketat antara kedua tim. Partai pembuka bakal menyajikan kejutan. Prediksi, Italia bakal berjuang keras selama 90 menit dan Turki bisa menahan skor 2-2.

Perkiraan Susunan Pemain
Turki (4-5-1): Cakir; Meras, Soyuncu, Demiral, Celik; Karaman, Calhanoglu, Yokuslu, Tufan, Yazici; Yilmaz.

Italia (4-3-3): Donnarumma; Spinazzola, Chiellini, Bonucci, Florenzi; Barella, Jorginho, Locatelli; Insigne, Immobile, Berardi. (R17/Bola/Liputan6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com