Jaksa Periksa 4 Saksi Terkait Kasus Alih Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa di Langkat


172 view
Jaksa Periksa 4 Saksi Terkait Kasus Alih Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa di Langkat
Foto: Istimewa
Kasi Penkum Kejati Sumut Yos Tarigan.

Medan (SIB)

Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut memeriksa 4 saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi terkait pengalihan fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading/Langkat Timur Laut Kecamatan Tanjungpura Kabupaten Langkat, yang seharusnya hutan bakau (mangrove) diubah menjadi perkebunan sawit sekitar seluas 210 Ha.


Penanganan kasus ini menjadi perhatian Kejaksaan karena diduga terkait dengan mafia tanah.


Kasi Penkum Kejati Sumut Yos Tarigan mengimformasikan hal tersebut kepada wartawan via WA, Rabu (22/6). Disebutkan, keempat saksi itu diperiksa penyidik secara bergilir, Selasa (21/6) kemarin.


Mereka adalah saksi N (mantan kepala kantor Pertanahan Langkat tahun 2009-2012, SGT (mantan Kepala Kantor Pertanahan Langkat tahun 2013, RM (mantan Kasi kantor pertanahan Langkat) dan R alias A (mantan karyawan perusahaan yang mengelola perkebunan kelapa sawit.


“Sebenarnya ada 7 saksi yang dipanggil untuk diperiksa tim penyidik,” kata Yos tanpa bersedia merinci identitas para saksi.


Menurut dia, pemeriksaan saksi saksi tersebut dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi terkait alih fungsi kawasan hutan bakau suaka margasatwa di Kabupaten Langkat,yang kini sudah statu penyidikan (Dik).


Ditambahkan, untuk melengkapi data dan berkas perkara sebelumnya tim penyidik telah turun ke lapangan. Bahkan sebagaimana diberitakan sebelumnya, tim penyidik juga telah melakukan penggeledahan di dua tempat berbeda,dan berhasil membawa beberapa dokumen, berkas, file dan data lainnya untuk melengkapi barang bukti.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com