Menkum HAM Ingatkan Anak Buah:

Jangan Ada Lagi Kelebihan Bayar Agar Tidak Terjadi Temuan Berulang


162 view
Jangan Ada Lagi Kelebihan Bayar Agar Tidak Terjadi Temuan Berulang
Foto : Liputan6.com/Johan Tallo
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly

Jakarta (SIB)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly meminta seluruh jajarannya untuk memperhatikan penyusunan target kinerja tahun anggaran 2023 dengan cermat. Terdapat lima poin yang disampaikan Yasonna terkait hal tersebut.

Pertama, jajaran Kemenkum HAM diminta belajar dari berbagai temuan Badan Pemeriksa Keuangan RI. Agar tidak terjadi temuan berulang dan segera ditindaklanjuti secara tuntas.

"Lakukan pengelolaan keuangan secara akuntabel, jangan lagi ada kelebihan pembayaran, pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu, dan berbagai penyimpangan yang berpotensi, serta dapat menyebabkan kerugian negara," kata Yasonna, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Kemenkumham, di Jakarta, Rabu (23/11).

Rapat koordinasi itu dilaksanakan dalam rangka pengendalian capaian kinerja tahun anggaran 2022 dan penyusunan target kinerja tahun anggaran 2023.

Kedua, Yasonna menegaskan, pentingnya intensifikasi koordinasi dan komunikasi. Dia berharap, tidak lagi ada distorsi komunikasi antara Pimti Madya dengan jajaran Pimti Pratama di bawahnya, khususnya dalam pengelolaan anggaran yang bersumber pada Rupiah Murni (RM) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Data, fakta, dan jejak digital akan menjadi mark/tanda baik buruknya kinerja yang telah kita kerjakan," ungkap Yasonna.

Kemudian ketiga, lanjut Yasonna, jajaran Kemenkum HAM harus memahami dan mengimplementasikan dengan baik Indikator Kinerja Utama (IKU) Menteri Hukum dan HAM sebagai parameter keberhasilan yang harus dicapai.

"Pencapaian target kinerja harus terukur, menyentuh, dan melayani rakyat sebaik-baiknya," ucap Yasonna tegas.

Keempat, prioritas nasional juga harus diselesaikan secara tuntas, dan jangan ada pengurangan output yang berdampak pada menurunnya kinerja Kemenkum HAM, sehingga pada akhirnya dapat menurunkan kepercayaan publik.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com