Kasus Covid-19 Mulai Terkendali

Jokowi: Mungkin Akhir Tahun PPKM Berhenti

* Airlangga: Pandemi Sudah Berubah Jadi Endemi

574 view
Jokowi: Mungkin Akhir Tahun PPKM Berhenti
Foto : Istimewa
Presiden Joko Widodo

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara tentang kasus Covid-19 yang mulai terkendali. Jokowi menyatakan kemungkinan PPKM akan berakhir pada akhir tahun.

"Mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB-PPKM kita," kata Jokowi dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023 seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/12).

Jokowi menceritakan kembali saat Indonesia digempur oleh Covid-19 varian Delta. Saat itu kasus harian Covid-19 mencapai 56 ribu kasus.

"Saat itu saya ingat hampir 80 persen menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain sekarang ini," ujar Jokowi.

Setelah itu, Indonesia kembali menghadapi varian baru, yaitu varian Omicron. Namun, kata Jokowi, Indonesia tetap tenang sehingga kasus Covid-19 terkendali.

"Untung kita saat itu masih tenang, tidak gugup, tidak geragapan, sehingga situasi yang sangat sulit itu bisa kita kelola dengan baik dan hari ini," ujar Jokowi.

Tunggu Kajian

Jokowi masih menunggu kajian terkait penghentian PPKM. Jokowi menargetkan kajian itu selesai pekan ini.

"Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya," kata Jokowi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com