Kamis, 30 Mei 2024 WIB

Jokowi Bertolak ke India Hadiri KTT G20, Agendakan Sejumlah Pertemuan Bilateral

Redaksi - Sabtu, 09 September 2023 11:22 WIB
249 view
Jokowi Bertolak ke India Hadiri KTT G20, Agendakan Sejumlah Pertemuan Bilateral
(dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi Bertolak ke India Hadiri KTT G20, Prabowo-Kapolri Lepas Keberangkatan.
Jakarta (SIB)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke New Delhi, India. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dalam kunjungan kerja ini.
Jokowi dan Iriana bersama rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekira pukul 14.45 WIB, Jumat (8/9).
Di New Delhi, Jokowi akan menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain itu, di sela-sela rangkaian KTT G20, Jokowi juga diagendakan untuk melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara.
Sebelumnya, dalam keterangan persnya usai rangkaian KTT ke-43 ASEAN pada Kamis, 7 September 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jokowi menyebut sejumlah komitmen yang akan dibawa oleh Indonesia dalam gelaran KTT G20 tersebut diantaranya mengenai stabilitas dan perdamaian.
"Besok siang saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana, menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house," ucap Jokowi.
Selain itu, Jokowi juga menyebut bahwa kolaborasi dan kerja sama juga perlu diprioritaskan. Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan berkomitmen untuk terus menyuarakan kepentingan negara berkembang.
"Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan, dan Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya industrial down streaming," ujar Jokowi.
Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju New Delhi yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.
Tampak melepas keberangkatan Jokowi yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. (detikcom/d)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Soal Anggota Densus 88 Buntuti Jampidsus, Jokowi Panggil Kapolri dan Jaksa Agung
Jokowi Perkenalkan Prabowo Presiden Terpilih RI di WWF Bali
Jokowi Turun Gunung Bereskan Masalah Bea Cukai
Jokowi: Jaga Keharmonisan di Tengah Keberagaman
Jokowi : RI Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, Baru 100.000 yang Tercapai
Jokowi Teken UU Desa, Masa Jabatan Kades Bisa 16 Tahun
komentar
beritaTerbaru