Jokowi Resmi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB


283 view
Jokowi Resmi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB
Foto: Dok/Kementerian PANRB via Kompas
DILANTIK: Mantan Kepala LKPP Abudallah Azwar Anas resmi menyandang status sebagai Menteri PANRB usai dilantik Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9). 

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri PAN-RB. Azwar Anas menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada awal Juli lalu.

Pelantikan Azwar Anas digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan juga melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/9).

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan MenPAN-RB Azwar Anas

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan Azwar Anas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli lalu. Mendagri Tito Karnavian kemudian ditunjuk menjadi MenPAN-RB Ad Interim.

Setelah status ad interim berakhir, Presiden Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Plt MenPAN-RB. Masa jabatan Plt MenPAN-RB itu berlangsung sampai pejabat definitif dilantik.

Targetkan Digitalisasi

Sementara itu, Abdullah Azwar Anas berbicara mengenai fokus kerjanya sebagai Menteri PAN-RB di sisa jabatan periode 2019-2024. Azwar Anas mendorong digitalisasi di tiga sektor birokrasi.

"Saya kira ke depan tidak dapat dipungkiri birokrasi ini harus menuju next level, yaitu digitalisasi, digitalisasi apa saja? Digitalisasi struktur, kultur, dan kompetensi. Digitalisasi di 3 sektor ini tentu sangat mendasar," kata Azwar Anas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/9).

Azwar Anas bakal mendorong konektivitas sistem pemerintahan berbasis elektronik agar menghasilkan kebijakan maksimal. Dia mencontohkan mengenai anggaran kemiskinan di setiap lembaga.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com