* Miguel Oliveira Juara, Marc Marquez Geger Otak

Jokowi Siap Evaluasi MotoGP Mandalika

* MotoGP Puji Pawang Hujan MandalikaPolda

305 view
Jokowi Siap Evaluasi MotoGP Mandalika
(Foto Ant/Andika Wahyu)
JUARA: Presiden Joko Widodo memberikan trofi juara pertama kepada pebalap Miguel Oliveira (tengah) disaksikan juara kedua Fabio Quartararo (kiri) dan juara ketiga Johann Zarco (kanan) di podium seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3). 

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya gelaran MotoGP Mandalika. Jokowi siap mengevaluasi hal-hal yang dirasa perlu.


"Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang," kata Jokowi usai balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3).


Jokowi berjanji melakukan perbaikan MotoGP Mandalika apabila ada kekurangan. Jokowi menegaskan MotoGP Mandalika adalah gelaran jangka panjang.


"Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan," katanya.


Jokowi pun mengucapkan selamat kepada semua pihak. "Dan saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya. Selamat," kata Jokowi.


Oliveira Juara

Sebelumnya, pebalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira menerima trofi juara Grand Prix Indonesia dari tangan Presiden Joko Widodo setelah ia berhasil menjadi yang tercepat dalam balapan seri kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pebalap asal Portugal itu keluar sebagai juara setelah mampu menyelesaikan 20 putaran lomba dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.


Selain Oliveira, Presiden Jokowi juga menyerahkan trofi kepada dua penghuni podium lainnya yakni juara dunia dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pebalap Ducati Lenovo Jack Miller.


Keduanya menerima trofi dari Presiden setelah mampu finis di urutan kedua dan ketiga balapan. Quartaro menuntaskan balapan dengan selisih 2,205 detik dari Oliveira dan Zarco 3,158 detik lebih lambat dibanding sang pemenang.


"Selamat kepada Miguel Oliveira, pemenang MotoGP Indonesia 2022, juga kepada Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua dan Johann Zarco di urutan ketiga," tulis Jokowi di Twitter-nya.


Kemenangan membuat Oliveira mencatat sejarah, sebagai pemenang pertama di seri kejuaraan MotoGP Mandalika. Ia menjadi pemenang ketiga di kelas tertinggi balap motor Indonesia sepanjang sejarah.


Sebelum Miguel Oliveira di Pertamina Grand Prix of Indonesia, ada Mick Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997), yang bisa menjadi pemenang di kelas 500cc balap motor di Grand Prix Indonesia, yang ketika itu masih digelar di Sirkuit Sentul.


Gegar Otak

Marc Marquez gagal balapan di Indonesia setelah menderita gegar otak. Insiden terjadi di sesi pemanasan, beberapa jam sebelum race MotoGP Indonesia digelar. Marquez mengalami highside di Tikungan 7. Marc Marquez "terbang" dari motornya, dan terpelanting ke aspal Pertamina Mandalika International Circuit.


Marquez terjatuh di aspal dan terguling-guling ke arah gravel. Sementara motor RC213V yang ditungganginya hancur di sesi pemanasan MotoGP Mandalika. Crash fatal itu membuat Marquez sempat terpincang-pincang. Ia kemudian dibantu tim medis dan marshal, sebelum akhirnya bisa berjalan sendiri.


Setelahnya, Marquez langsung dilarikan ke rumah sakit di Mataram. Ia terbang naik helikopter, dan kembali ke sirkuit dengan terlihat tangan diperban. Kemudian, Marquez akhirnya dinyatakan tidak fit untuk balapan. Ia mengalami gegar otak ringan, karena saat terjatuh, terlihat kepala Marquez juga membentur trek aspal trek Sirkuit Mandalika.


Lewat Instagram pribadinya, Marc Marquez mengungkapkan kondisinya terkini. Marquez menjelaskan, kalau dirinya mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Serta, dirinya dalam kondisi baik.


"Saya baik-baik saja setelah kecelakaan besar yang saya alami pagi ini. Untuk tindakan pencegahan, dan untuk tidak mengambil risiko lagi, kami memutuskan untuk tidak balapan," tulisnya.


"Saya ingin berterima kasih kepada semua tim medis MotoGP dan Rumah Sakit Mataram untuk perawatannya. Terima kasih atas semua pesan dukungan Anda," tutupnya.


Di Sirkuit Mandalika sendiri, Marquez sudah jatuh empat kali. Semua momen crash-nya terjadi sepanjang seri kejuaraan MotoGP Indonesia berlangsung, dari Jumat hingga Minggu, 18-20 Maret 2022.


Pawang Hujan

Pihak MotoGP ikut mengomentari kehadiran pawang hujan di MotoGP Mandalika yang bernama Raden Roro Istiati Wulandari.


Kehadiran pawang hujan yang disapa Rara ini ikut menarik perhatian di gelaran MotoGP Mandalika. Pasalnya, Roro Istiati masuk ke dalam Sirkuit Mandalika saat hujan deras mengguyur jelang balapan MotoGP Mandalika. Hujan tersebut membuat waktu start bergeser dari pukul 15.00 WITA alias 14.00 WIB.


Rara masuk ke Sirkuit Mandalika lalu melakukan ritual menangkal hujan. Kehadiran Rara lalu banyak dibahas oleh penggemar MotoGP di dunia maya.


Pihak MotoGP juga turut mengunggah video Roro Istiati sang pawang hujan tengah beraksi. Pihak MotoGP bahkan mengakui kinerja Rara. "Berhasil!" tulis MotoGP dalam akun twitter mereka setelah sebelumnya mengunggah video Rara.


Balapan MotoGP Mandalika akhirnya bisa dimulai pada pukul 16.15 WIB alias 15.15 WIB. Balapan MotoGP Mandalika dimenangkan oleh pembalap KTM, Miguel Oliveira. Sedangkan podium kedua dan ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco.


Balapan MotoGP Mandalika ini menandai kembalinya Indonesia jadi tuan rumah balapan MotoGP. Terakhir kali Indonesia jadi tuan rumah balapan grand prix adalah pada 1997 saat balapan digelar di Sirkuit Sentul.


Hasil MotoGP Mandalika

1. Miguel Oliveira 33 menit 27,223 detik

2. Fabio Quartararo +2,205 detik

3. Johann Zarco +3,158 detik

4. Jack Miller +5,663 detik

5. Alex Rins +7,044 detik

6. Joan Mir +7,832 detik

7. Franco Morbidelli +21,115 detik

8. Brad Binder +32,413 detik

9. Aleix Espargaro +32,586 detik

10. Darryn Binder +32,901 detik. (CNN/Detiksport/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com