Jokowi Ucapkan Selamat HUT Demokrat, Ajak Bangun Demokrasi Sehat

* SBY Sebut AHY dkk Menjanjikan, Optimistis PD Sukses di 2024

108 view
Jokowi Ucapkan Selamat HUT Demokrat, Ajak Bangun Demokrasi Sehat
(Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo
Jakarta (SIB)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai Demokrat (PD). Jokowi menyebut PD sudah 20 tahun berkiprah dan menjadi bagian penting perjalanan demokrasi di Indonesia.

"Selama 20 tahun berkiprah di panggung politik Indonesia, Partai Demokrat telah menjadi bagian penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia. Menjadi bagian dalam menjaga perdamaian, menjadi bagian dalam menjaga persatuan dan menjaga kesatuan, serta menjadi bagian dalam memperjuangkan keadilan, kesejahteraan, dan pembangunan yang berkelanjutan," kata Jokowi dalam videonya yang diputarkan di acara HUT ke-20 Demokrat, Kamis (9/9).

Jokowi mengatakan Partai Demokrat telah ikut bekerja sama membantu meringankan beban rakyat di masa pandemi ini. Dia berharap momen ini bisa terus terjaga dan menjadi dasar untuk melakukan lompatan jauh ke depan.

"Tat kala rakyat Indonesia menghadapi masa sulit diterpa pandemi Covid-19 kita semua termasuk Partai Demokrat bersama-sama, bahu membahu meringankan beban rakyat, menjaga momentum pembangunan dan bahkan memanfaatkan sebagai momentum untuk melakukan lompatan kemajuan Indonesia," ujarnya.

Jokowi juga mengajak seluruh kader Demokrat untuk terus menyerap aspirasi rakyat guna membangun demokrasi sehat di Indonesia.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk bersama-sama memperjuangkan aspirasi rakyat, membangun demokrasi Indonesia sehat dan berkualitas dan mengerahkan kekuatan bangsa untuk Indonesia maju yang kita cita-citakan," ujarnya.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengapresiasi kiprah 20 tahun Partai Demokrat yang terus berperan mengawal demokrasi. Dia berharap PD terus mengawal persatuan dan kesatuan kehidupan demokrasi.

"Saya memberikan apresiasi atas kiprah Partai Demokrat selama lebih dari 20 tahun menjalankan perannya sebagai partai pengawal reformasi dan menjadi bagian dan pusat konsolidasi Demokrasi dan kemajuan pembangunan di Indonesia," ujarnya.

"Oleh karena itu, Demokrat sebagai salah satu partai terbesar di Indonesia dengan mendapatkan kepemimpinan rakyat mewujudkan partisipasi politik yang luas dan inklusif, mengawal persatuan dan kesatuan nasional kehidupan demokrasi yang lebih baik," lanjut Ma'ruf.

Optimistis
Sementara itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (MTP PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membeberkan kekuatan partainya meraih sukses di masa yang akan datang. Dia menilai proses yang telah dilalui selama 20 tahun PD berdiri sudah cukup kuat memperoleh keberhasilan sampai 20 tahun yang akan datang.

"Saya menilai, saya bisa menilai setelah menggagas berdirinya partai. Membina, memimpin, mengatasi masalah, hampir 20 tahun. Saya melihat dengan rasa syukur saat ini, bahwa kepemimpinan saat ini, baik ketua umum maupun pemimpin-pemimpin yang lain itu menjanjikan," kata SBY dalam pidatonya di acara HUT ke-20 PD.

SBY menilai pemimpin Partai Demokrat saat ini sudah on the track. Dia melihat visi dan komitmen yang kuat untuk membantu rakyat.

"Para pemimpin Partai Demokrat saat ini telah memimpin dan membina partai yang kita cintai on the right track, pada jalan yang benar. Saya juga melihat visi dan komitmen untuk rakyatnya kuat, jelas, dan itu yang ditunggu oleh rakyat kita," ujarnya.

"Partai tidak hanya mengurusi dirinya sendiri, tapi harus mengurusi rakyat. Partai sebaliknya, partai yang lebih mengurus rakyat dan sekali lupa mengurus dirinya sendiri," lanjut SBY.

Kekuatan itulah, menurut SBY, yang akan menjadi modal besar dalam 20 tahun ke depan. Dia juga berharap modal itu dapat meraih sukses di Pemilu 2024.

"Kekuatan yang lain yang saya lihat ini modal besar untuk meraih sukses di masa akan datang insyaallah Pemilu 2024 nanti sebagaimana yang saya katakan tadi para pemimpin dan kader di daerah luar biasa sigap bersemangat dan tindakan nyata yang dilakukan di lapangan," ucapnya.

Dia meminta seluruh kader mempertahankan semangat tersebut. SBY yakin semangat itu akan membawa partai sukses hingga 20 tahun ke depan.

"Yang dilakukan nyata untuk membantu dan menolong rakyat, itu modal yang sangat penting untuk dimiliki sebuah partai dan tentunya partai kita, inilah penglihatan saya, inilah prediksi saya, inilah visi saya, untuk demokrat 20 tahun mendatang insyaallah akan meraih sukses baru yang tidak kalah gemilang dengan sukses di masa lalu," lanjut SBY. (detikcom/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com