Jokowi Undang Presiden Ukraina Hadiri KTT G20, Putin akan Hadir?


618 view
Jokowi Undang Presiden Ukraina Hadiri KTT G20, Putin akan Hadir?
(Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bali (SIB)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan di Twitter pada Rabu (27/4) bahwa dia telah diundang untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) negara ekonomi utama kelompok G20. Disebutkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi?) secara resmi mengundangnya.


Presiden Ukraina Zelensky diundang Jokowi hadiri KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada bulan November mendatang. Meski demikian, Rusia mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin akan hadir pula di sana.


Zelensky juga mengklaim telah berbicara langsung dengan Jokowi terkait undangan tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih atas undangan itu.


"Sudah bicara dengan Presiden @jokowi... Terima kasih mengundang saya ke KTT @g20org," katanya Zelensky dalam Tweetnya merujuk pada Jokowi.


Akan tetapi, Zelensky tidak mengonfirmasi apakah dia akan menerima undangan Jokowi.


Begitu juga dengan Istana Negara dan Sekretariat Kabinet juga tidak menyebut konfirmasi dari Zelensky.


Dilansir dari Reuters pada Kamis (28/4), diketahui Ukraina bukan anggota G20. Tetapi, Indonesia sebagai Presidensi G20 turut mengundang sejumlah negara tamu. Menteri keuangan Ukraina menghadiri pertemuan pejabat keuangan G20 di Washington pekan lalu.


G20 mengecam invasi Rusia ke Ukraina, yang kini memasuki minggu kesembilan dan telah meningkatkan ketegangan geopolitik. Invasi juga mengirimkan gelombang kejut melalui ekonomi global, dan memicu krisis kemanusiaan.


Beberapa anggota G20 telah meminta Rusia dan Putin untuk dikeluarkan dari pertemuan puncak pemimpin tersebut. Akan tetapi Indonesia menolak, mengatakan terlalu dini untuk memutuskan.


Diminta untuk mengkonfirmasi undangan Zelensky oleh Jokowi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah "berkonsultasi" dan melaporkan hasilnya kepada Jokowi. Dia tidak merinci dengan siapa konsultasi itu dilakukan. (PK/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com