KPK Eksekusi Vonis 4 Tahun Eks Wali Kota Tanjungbalai ke Rutan Kelas I Medan


264 view
KPK Eksekusi Vonis 4 Tahun Eks Wali Kota Tanjungbalai ke Rutan Kelas I Medan
Foto: Andhika/detikcom
Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial Ditahan KPK.

Jakarta (SIB)

KPK mengeksekusi vonis 4 tahun eks Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, di kasus suap lelang jabatan. M Syahrial kembali dieksekusi ke rumah tahanan (Rutan) Kelas I Medan.


"Jaksa Eksekutor, (21/6) telah selesai melaksanakan eksekusi pidana badan untuk Terpidana M. Syahrial ke Rutan Klas I Medan berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor pada PN Medan Nomor : Pid.Sus-TPK/2022/PN. Mdn tanggal 30 Mei 2022 yang berkekuatan hukum tetap," kata Plt Juru Bicara KPK kepada wartawan, Rabu (22/6).


Ali menjelaskan, M Syahrial akan menjalani masa pidana penjara selama 4 tahun. Dia terbukti bersalah menerima suap dalam seleksi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.


"Terpidana akan kembali menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan dan denda Rp 200 juta dengan ketentuan jika tidak dibayarkan diganti dengan kurungan selama 3 bulan," terangnya.


Selain itu, tambah Ali, M Syahrial menerima vonis tambahan berupa pencabutan hak politik. Syahrial tidak memiliki hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama dua tahun seusai masa pidana pokok.


"Diputuskan juga adanya pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam pemilihan jabatan publik selama 2 tahun terhitung sejak selesai menjalani pidana pokok," sambung Ali.


Diberitakan sebelumnya, eks Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, divonis 4 tahun penjara di kasus suap lelang jabatan. M Syahrial juga dicabut hak politiknya selama 2 tahun setelah bebas.


"Pidana penjara 4 tahun, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan," kata Pejabat Humas PN Medan, Imanuel Tarigan seperti dikutip dari detikSumut, Selasa (31/5).


Sidang vonis digelar di PN Medan, Senin (30/5) lalu. Hakim juga mencabut hak politik Syahrial.


"Dicabut hak politiknya selama 2 tahun, setelah selesai menjalani pidana," tambah Imanuel. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com