KPK Geledah Kantor Wali Kota Tanjungbalai dan Rumah Pribadinya

* Turut Digeledah Kantor Sekda dan BKDIngin

631 view
KPK Geledah Kantor Wali Kota Tanjungbalai dan Rumah Pribadinya
KELUAR: Petugas KPK saat keluar dari kantor Wali Kota Tanjungbalai usai melakukan penggeledahan di ruang kantor wali kota, Sekda, dan BKD, Selasa (20/4). (Foto: hariansib.com/Regen Silaban)

Tanjungbalai (SIB)

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menggeledah kantor Wali Kota Tanjungbalai, ruang Sekda dan Kantor BKD, Selasa (20/4). KPK juga menggeledah rumah pribadi Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang berlokasi di Jl Sriwijaya Kelurahan Pahang, Kecamatan Datu Bandar, Selasa dini hari.


Pantauan SIB di lokasi, sejak pukul 06.00 WIB, sekitar 4 unit mobil pribadi termasuk mobil dinas polisi parkir di depan rumah pribadi Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, di Jalan Sriwijaya Kecamatan Datuk Bandar.


Sementara di pintu utama rumah mewah yang dikelilingi tembok beton setinggi lebih dari 4 meter itu, berdiri sejumlah polisi berseragam lengkap. Sedangkan di dalam rumah pribadi orang nomor satu Tanjungbalai itu, petugas KPK sedang melakukan penggeledahan.


Saat petugas KPK di rumah pribadi Wali Kota Tanjungbalai, sejumlah mobil diduga ditumpangi Sekda Yusmada, Kabag Umum Hurmaini dan Kadis Perumahan dan Permukiman Edi Surya, memasuki rumah mewah tersebut.


Ketiga pejabat penting di Pemko Tanjungbalai itu diduga turut diperiksa bersama Wali Kota M Syahrial, Selasa siang sekira pukul 14.00 WIB, tim penindakan KPK kemudian keluar dari rumah tersebut menuju Kantor Wali Kota Tanjungbalai.


Setiba di Kantor Wali Kota Tanjungbalai, KPK menggeledah ruang kerja Wali Kota dan ruang kerja Sekda, yang berada di lantai III. Selanjutnya KPK bergerak ke lantai dasar dan menggeledah Kantor BKD, sementara sejumlah personel kepolisian menjaga ruang kerja Wali Kota dan Sekda.


Penggeledahan di Kantor Wali Kota Tanjungbalai masih terus berlanjut hingga Selasa malam. Belum diketahui apakah KPK berhasil menyita dokumen atau barang bukti dari Kantor Wali Kota, karena tidak seorangpun petugas KPK yang dapat dikonfirmasi terkait penggeledahan itu.


Sementara Kadis Kominfo Tanjungbalai Walman Girsang kepada SIB, membenarkan penggeledahan rumah pribadi Wali Kota dan ruang kerjanya, serta ruang kerja Sekda dan Kantor BKD.


"Saya hanya tahu penggeledahan di rumah pribadi wali kota, lalu ruang kerjanya, ruang kerja Sekda dan Kantor BKD yang berada di Kantor Wali Kota Tanjungbalai. Terkait kasus apa saya tidak tahu," kata Walman.


Hingga berita ini dikirim, belum diperoleh keterangan resmi terkait kasus yang menyebabkan tim penindakan KPK melakukan penggeledahan. Terkait keberadaan Wali Kota, Sekda dan Kabag Umum serta Kadis Perumahan dan Permukiman, saat dihubungi melalui telepon seluler tak berhasil.


Pengumpulan Bukti

Sementara itu, Juru bicara KPK Ali Fikri menegaskan tidak ada Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan tim KPK terhadap Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial seperti informasi yang beredar di masyarakat dan di media massa. "Info yang kami terima tidak ada," ucap Ali Fikri kepada SIB via WhatsApp, Selasa (20/4).


Namun meskipun informasi tersebut dibantah, Ali Fikri membenarkan adanya kegiatan tim KPK dalam rangka pengumpulan bukti di Kota Tanjungbalai. "Namun demikian benar ada kegiatan tim KPK disana dalam rangka pengumpulan bukti. Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," ucapnya singkat. (E9/A17/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com