Rabu, 12 Juni 2024 WIB

KPK Geledah Rumah di Depok Terkait Kasus Suap Lukas Enembe

Redaksi - Kamis, 09 Maret 2023 09:59 WIB
241 view
KPK Geledah Rumah di Depok Terkait Kasus Suap Lukas Enembe
Foto: Hanafi/detikcom
Lukas Enembe
Jakarta (SIB)
KPK kembali melakukan penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi dengan tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe. Terbaru, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Depok, Jawa Barat.

"Tim penyidik melakukan penggeledahan di wilayah Kota Depok, Jabar. Lokasi yang dituju yaitu rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara ini," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (8/3).

Penggeledahan dilakukan pada Selasa (7/3). Ali mengatakan sejumlah barang bukti ditemukan dari penggeledahan tersebut.

"Di lokasi tersebut ditemukan dan diamankan berupa alat elektronik yang diduga dapat menerangkan dugaan penerimaan suap dan gratifikasi dari Tersangka LE," ujar Ali.

"Analisis dan penyitaan masih akan dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan," tambahnya.

Selain melakukan penggeledahan, KPK memeriksa sejumlah saksi terkait kasus korupsi Lukas Enembe. Salah satu saksi yang diperiksa adalah anggota DPRD Provinsi Papua bernama Boy Markus Dawir.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan kepemilikan aset dari tersangka LE," ujar Ali.[br]


Kasus korupsi yang menjerat Lukas Enembe bermula saat Lukas menerima suap dan gratifikasi dari tersangka RL dari PT Tabi Bangun Papua (TBP). Lukas diduga berperan aktif dalam pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUTR Pemprov Papua dengan memenangkan perusahaan tertentu, salah satunya PT TBP.

Penyidik KPK menemukan adanya dugaan suap yang diterima Lukas Enembe. Firli mengatakan jumlah suap yang diterima Lukas mencapai Rp 1 miliar.

Selain menerima suap, Lukas Enembe diduga menerima gratifikasi. Tindakan ini berkaitan dengan jabatannya sebagai Gubernur Papua. Firli mengatakan jumlah gratifikasi yang diduga diterima Lukas Enembe mencapai Rp 10 miliar. (detikcom/d)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
KPK
beritaTerkait
Lokasi Harun Masiku Sudah Diketahui, Ini Kata KPK
Satgaswil 12 dan KPK Rakor Sistem Pencegahan Korupsi dan Pengenalan MPC di Palas
Tessa Mahardika Jadi Jubir KPK Baru, Ini Profil Lengkapnya
KPK Bakal Konfirmasi Sekjen PDIP Hasto Soal Informasi Terbaru Terkait Harun Masiku
KPK Sita Kantor Nasdem dan Pabrik Sawit Diduga Milik Bupati Labuhanbatu
KPK Sita PKS Senilai Rp15 M Diduga Milik Bupati Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru