KPK Konfirmasi Wali Kota Tanjungbalai soal Pertemuan Lain dengan AKP Robin

* M Syahrial Segera Disidang

193 view
KPK Konfirmasi Wali Kota Tanjungbalai soal Pertemuan Lain dengan AKP Robin
Andhika/detikcom
M Syahrial
Jakarta (SIB)
KPK memeriksa Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS) dalam kasus dugaan suap mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP) . KPK mencecar M Syahrial soal adanya pertemuan lain dengan AKP Robin.

"Tersangka MS diperiksa sebagai saksi sekaligus sebagai tersangka, dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya beberapa pertemuan lain yang dilakukan oleh yang bersangkutan dengan tersangka SRP untuk pengurusan perkara yang sedang ditangani KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (22/6).

Ali mengatakan MS diperiksa sebagai saksi AKP Robin dan juga diperiksa sebagai tersangka. Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Senin (21/6).

Diketahui, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin juga disebut dalam kasus dugaan suap mantan penyidik AKP Robin dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Azis Syamsuddin memperkenalkan Syahrial ke AKP Robin.

Dalam kasus ini, AKP Robin diduga menerima Rp 1,3 miliar dari Rp 1,5 miliar yang dijanjikan oleh Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial. Saat beraksi, AKP Robin dibantu seorang pengacara bernama Maskur Husain. Saat ini, AKP Robin, Maskur, dan Syahrial sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Segera Disidang
Dalam kesempatan itu, Ali Fikri juga menyampaikan, KPK telah menyerahkan tersangka beserta barang bukti perkara M Syahrial kepada tim JPU (jaksa penuntut umum). M Syahrial akan segera disidang.

"Hari ini dilaksanakan tahap II dengan tersangka MS (Wali Kota Tanjungbalai) dari Tim Penyidik kepada tim JPU," kata Ali Fikri.

"Berkas perkara dimaksud dinyatakan lengkap setelah tim JPU melakukan pemeriksaan baik kelengkapan syarat materiil maupun formil," imbuh Ali.

Ali mengatakan penahanan M Syahrial selanjutnya akan menjadi kewenangan tim JPU selama 20 hari ke depan. M Syahrial ditahan di Rutan KPK Kaveling C1.

"Penahanan selanjutnya menjadi kewenangan Tim JPU selama 20 hari ke depan, terhitung 22 Juni 2021 sampai dengan 11 Juli 2021 di Rutan KPK Kaveling C1," kata Ali.

Selanjutnya, Ali menyebut pihaknya dalam waktu 14 hari akan segera melimpahkan berkas M Syahrial ke Pengadilan Tipikor.
"Dalam waktu 14 hari kerja, segera akan dilakukan pelimpahan berkas perkara ke PN Tipikor," ujarnya. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com