KPK Lelang Paket Mobil, Harrier-Alphard-Mercy-Yaris Dihargai Rp 119 Juta


250 view
KPK Lelang Paket Mobil, Harrier-Alphard-Mercy-Yaris Dihargai Rp 119 Juta
Foto : Dok Net
Ilustrasi.

Jakarta (SIB)


KPK bakal melelang sejumlah paket barang rampasan milik terpidana korupsi. Salah satunya paket mobil Harrier, Alphard, Mercy, hingga Yaris seharga Rp 119 juta.

Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi) KPK Mungki Hadipratikto menyebut pelelangan bakal dilakukan dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNKL) Jakarta III. Lelang itu akan dilaksanakan pada Selasa (11/10) di laman www.lelang.go.id.

"KPK akan melaksanakan lelang barang rampasan Negara tanpa kehadiran peserta lelang melalui surat elektronik dengan sistem penawaran terbuka dengan perantaraan KPKNL Jakarta III," kata Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi) KPK Mungki Hadipratikto, dilihat dari laman resmi KPK, Senin (10/10).

Dia menjelaskan paketan barang lelang tersebut merupakan milik dua terpidana korupsi. Yakni Muchtar Effendi dan Irwandi Yusuf. Pelelangan itu dilakukan berdasarkan putusan yang memiliki kekuatan berhukum tetap.

Adapun Muchtar Effendi merupakan terpidana korupsi di kasus suap permohonan keberatan hasil pilkada Kabupaten Empat Lawang dan Kota Palembang di Mahkamah Konstitusi RI yang menjerat Akil Mochtar. Dia divonis 4 tahun 6 bulan serta denda sebesar 200 juta pada 12 Maret 2020.

Dia bersama Akil Mochtar dinyatakan terbukti menerima suap senilai Rp 16,42 miliar dan USD 316.700 dari eks Wali Kota Palembang Romo Herton. Selain itu, Muchtar terbukti menerima uang sebesar Rp 10 miliar dan USD 500.000 dari eks Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com