KPU Gandeng Polri-BRIN Jamin Keamanan Sipol Jelang Pemilu 2024


174 view
KPU Gandeng Polri-BRIN Jamin Keamanan Sipol Jelang Pemilu 2024
(Anggi Muliawati/detikcom)
Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos 

Jakarta (SIB)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan sejumlah instansi negara untuk memastikan keamanan sistem informasi partai politik (Sipol) menjelang Pemilu 2024. Instansi-instansi tersebut antara lain BSSN, Polri, dan BRIN.

"KPU tuh nggak bisa kerja sendiri, KPU tentu harus melibatkan negara, dalam hal ini instansi negara yang lain untuk bisa memberikan, menjaga keamanan Sipol yang kita miliki," kata anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/7).

Betty menuturkan jaminan keamanan itu juga bakal diterapkan di sistem lainnya yang digunakan untuk kepemiluan. Selain Sipol, sebut Betty, ada sistem lain, seperti Silon, Sidalih, Sidapil, Simpaw, dan Sirekap.

"Tapi ini nggak berhenti di Sipol, lo. Kita masih punya sistem informasi pencalonan (Silon), kita masih punya sistem data pemilih (Sidalih), kita masih punya sistem informasi daerah pemilihan (Sidapil) dalam waktu dekat. Lalu kita punya sistem informasi manajemen penggantian antar waktu (Simpaw), sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) nanti untuk hari H pemungutan suara," kata Betty.

"Oleh karenanya, ini preambul pembicaraan dalam hal ini untuk Sipol sehingga nanti chemistry kita terbentuk untuk pengelolaan semua sistem informasi yang dimiliki oleh KPU," sambungnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com