KSP Sidak Pantau Distribusi Bansos di Kota Medan


161 view
KSP Sidak Pantau Distribusi Bansos di Kota Medan
ANTARA/HO-KSP.
Tim KSP lakukan verifikasi lapangan pembagian bansos untuk wilayah Sumatera Utara. 
Jakarta (SIB)
Tim Kantor Staf Presiden (KSP) memantau langsung distribusi Bansos bagi masyarakat terdampak PPKM level 4 di Kota Medan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan Bansos sampai pada masyarakat.

Tenaga Ahli Utama (TAU) KSP, Brian Sri Prahastuti, menuturkan Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar bansos segera terdistribusi dan tepat sasaran.

"Kami datang ke sini melakukan sidak (inspeksi mendadak -red) secara acak memilih beberapa kelurahan untuk memantau penyaluran Bansos," kata Brian saat mengunjungi penyaluran Bansos di Kelurahan Simpang Tanjung, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, dikutip dalam keterangan pers, Sabtu (7/8).

Brian menegaskan, program bansos merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab Pemerintah atas penerapan kebijakan PPKM level 4. Dia menjelaskan, pemerintah telah menyalurkan sederet Bansos seperti PKH (Program Keluarga Harapan, BST (Bantuan Sosial Tunai), bantuan beras, listrik, paket data, dan bantuan bagi UMKM terdampak PPKM.

"Syukur Alhamdulillah penyaluran Bansos benar-benar sampai ke masyarakat, saya menyaksikan langsung distribusinya tertib dan mematuhi protokol kesehatan" terang Brian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal, Jalaludin Nasir Pohan, mengakui jika pemberian Bansos kepada masyarakat sangat membantu di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Namun pihaknya sedikit menemui kendala ketika harus memilih kriteria warga untuk diajukan sebagai penerima Bansos.

"Dalam situasi pandemi seperti saat ini semua orang merasa pantas menerima Bansos, sedangkan kami harus memilih sesuai prioritas yang benar-benar paling teedampak dan sangat membutuhkan," tegas Jalaludin.

Bagikan
Tak cuma tim KSP, BNPB juga membagikan bantuan masker, sabun dan hand-sanitizer kepada Posko PPKM dan komunitas di Kota Medan. Bantuan masker, khususnya untuk kelompok rentan tiga kelurahan, mencapai total 16.000 buah.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito memberikan secara simbolis bantuan masker kepada koordinator posko PPKM di Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Selain masker 5.500 buah, Ganip memberikan sabun sebanyak 144 boks, dengan satuan 72 buah, yang disaksikan para warga kelurahan. Selanjutnya, bantuan akan dikelola dan didistribusikan oleh posko PPKM setempat.Saat bertemu dengan koordinator posko, Ganip meminta untuk secara aktif memonitor warganya yang melakukan isolasi mandiri (isoman), khususnya mereka yang memiliki riwayat penyakit komorbid atau warga berusia di atas 45 tahun. Dia menjelaskan apabila isoman yang dilakukan warga tidak mendukung proses pemulihan, warga tersebut dapat segera dirujuk ke isolasi terpusat (isoter). Hal tersebut dimaksudkan agar warga tidak terlambat untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk.

"Di sana sudah disediakan oleh Pak Wali, tenaga kesehatan, disediakan tempat penginapan dan makanan serta tempatnya lebih baik," ujar Ganip dikutip dalam keterangan pers, Sabtu (7/8).

Sebelum meninggalkan pos tersebut, dia kembali meminta koordinator dan pengelola posko PPKM untuk mengingatkan para warga untuk melakukan perubahan perilaku, khususnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. (Merdeka/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com