Kabareskrim Bantah Terlibat Suap Tambang Ilegal di Kaltim

* Dituding Balik, Pengacara Ferdy Sambo Enggan Menanggapi

471 view
Kabareskrim Bantah Terlibat Suap Tambang Ilegal di Kaltim
Foto : dok/istimewa
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto

Jakarta (SIB)

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto angkat bicara perihal dirinya diisukan terlibat suap tambang ilegal di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Agus menduga hal itu merupakan pengalihan isu.

Dugaan ini sebelumnya sempat diaminkan oleh mantan Karo Paminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan. Agus malah balik melempar bola.

"Jangan-jangan mereka yang terima, dengan tidak teruskan masalah, lempar batu untuk alihkan isu," kata Agus saat dimintai konfirmasi, Jumat (25/11).

Agus menyebut, keterangan saja tidak cukup untuk membuktikan dirinya benar terlibat atau tidak. Dia berbicara soal integritas Ferdy Sambo dan Hendra Kurniawan.

"Keterangan saja tidak cukup. Tanya ke anggota di jajaran kelakuan HK dan FS," ujarnya

"Kenapa kok dilepas sama mereka kalau waktu itu benar?" imbuhnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Agus menyinggung lebih jauh keterlibatan kasus pembunuhan Brigadir Yosua yang didalangi Ferdy Sambo. Dia bicara soal proses hukum acara, di mana ada istilah bukti permulaan dan bukti yang cukup.

"Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklum lah kasus almarhum Brigadir Yosua saja mereka tutup-tutupi", ujar Agus.

Agus menegaskan, Bareskrim Polri menjerat Ferdy Sambo karena adanya fakta, rekomendasi Komnas HAM, rekomendasi Timsus dan tuntutan masyarakat. Ditambah lagi kasus ini menjadi atensi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com