Kades dan Perangkat Desa di Langkat Lima Bulan Belum Gajian


233 view
Kades dan Perangkat Desa di Langkat Lima Bulan Belum Gajian
(Pixabay)
Ilustrasi pembayaran gaji. 
Langkat (SIB)
Hingga memasuki bulan Mei 2021, kepala desa, perangkat desa hingga anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan lainnya belum gajian.

Aparatur pemerintahan desa di Kabupaten Langkat selama lima bulan sejak Januari hingga memasuki awal Mei 2021 belum juga menerima gaji.

Banyak perangkat desa menyesalkan keterlambatan pencairan gaji, apalagi mau menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Mulai dari gaji kepala desanya, tunjangan BPD dan ketua RT/RW, Kepala Dusun (Kadus) semuanya,” kata seorang kepala dusun dan kepala desa (tempat terpisah) di Langkat melalui selularnya kepada SIB, Rabu (5/5).

"Sampai hari ini, kami belum gajian atau tunjangan, dan belum tahu kapan pastinya dana tersebut akan dicairkan," ungkapnya seraya meminta nama mereka tidak ditulis.

Dia menuturkan, pada awal tahun anggaran, biasanya gaji bisa dicairkan pada awal Maret. Namun, kali ini terlambat hingga memasuki awal Mei 2021 ini, gaji atau tunjangan belum juga cair.

“Pencairan itu melekat pada alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari bantuan keuangan Pemkab Langkat,” ucap dia.

Dia berharap, dua atau tiga hari ke depan sebelum hari raya Idul Fitri 1442 ini, para pemerintahan desa dan perangkatnya sudah menerima gaji atau tunjangan tersebut.

Jika tidak segera dicairkan, maka dipastikan daftar utang belanja Kades/perangkatnya akan semakin panjang di buku pemilik warung sembako, sebutnya.

Terkait Kades dan perangkatnya di Langkat sudah lima bulan belum gajian, Selfian Hardi, selaku Kabid Pemdes pada Dinas PMD Langkat sudah berupaya dikonfirmasi SIB, melalui pesan singkat dan WhatsApp, namun tidak menjawab. (A11/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com