Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Jurnalis

Kajati Sumut Ajak Wartawan Tidak Hanya Kedepankan Kecepatan,Tapi Juga Akurat dan Profesional


137 view
Kajati Sumut Ajak Wartawan Tidak Hanya Kedepankan Kecepatan,Tapi Juga Akurat dan Profesional
Foto: Dok/Penkum Kejatisu
DIULOSI: Kajati Sumut Ida Bagus Nyoman (IBN) Wiswantanu (pakai ulos) diapit Ketua Forwaka Sumut Martohap Simarsoit (4 kiri) dan Andri Syafrin bersama Wakajati Sumut Agus Salim dan para asisten di Kejati Sumut, Jumat (9/4), pada pembukaan pelatihan peningkatan kemampuan jurnalis, di Lantai 3 Kejati Sumut.
Medan (SIB)
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) Ida Bagus Nyoman (IBN) Wiswantanu mengajak wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) agar dalam melakukan tugas jurnalistiknya tidak hanya mengedepankan kecepatan,tapi juga penyajian berita yang akurat, berimbang dan profesional. Ini disampaikan saat membuka acara pelatihan Peningkatan Kemampuan Jurnalis Seiring Perkembangan New Media yang diselenggarakan bidang Penkum Kejati Sumut kerja-sama dengan Forwaka Sumut di Aula Lantai 3 Kejati Sumut, Jumat (9/4).

“Insan pers adalah mitra Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum dalam menyampaikan informasi kinerja terkait penegakan hukum. Dan pers itu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat maupun sebagai social kontrol,” ungkap Kajati Sumut pada acara yang dihadiri Wakajati Sumut Agus Salim dan seluruh asisten di antaranya Asintel Dr Dwi Setyo Budi Utomo, Aspidsus M Syarifuddin, Aspidum Dr Sugeng Riyanta.

Menurutnya, seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, insan pers khususnya dari media elektronik dan online saat ini berhadapan dengan tuntutan dalam hal kecepatan menyajikan berita kepada masyarakat. Karena itu ia mengajak para wartawan agar senantiasa profesional dengan mempedomani kode etik jurnalistik (KEJ) dan Undang Undang Pers saat menjalankan tugas peliputan berita.

“Yang penting dicermati kode etik jurnalistik. Karena IT terus berkembang banyak berita yang memuat berita online. Terkadang ada juga media yang membuat berita bohong yang bisa menyesatkan pembaca,” ujarnya. Kajatisu menambahkan, sangat penting bagi semua wartawan meningkatkan profesionalisme para wartawan. Untuk itu, lanjutnya, segenap insan pers memahami batas-batas kebebasan pers tersebut.

Usai Kajati menyampaikan dan membuka acara itu, Ketua Forwaka Sumut Martohap Simarsoit SH didampingi Kasi Penkum Sumanggar Siagian SH, berkesempatan memberikan ulos kepada Kajati Sumut IBN Wiswantanu yang didampingi Wakajati Sumut Agus Salim dan Asintel DR Dwi Setyo Budi Utomo. “Ini bukan pemberian hadiah, tapi simbol penghargaan dan penghormatan atas kepedulian pak Kajati Sumut terhadap wartawan yang bertugas di Kejati Sumut dengan diadakannya semacam pelatihan untuk peningkatan kemampuan jurnalis seiring perkembangan new media,” kata Martohap.

Acara peningkatan kemampuan jurnalis diawali pemaparan dari Aspidum Kejati Sumut Dr Sugeng Riyanta MH terkait penegakan hukum yang melibatkan kinerja pers,sebagaimana pernah dihadapinya saat menjabat Kajari Jakarta Pusat yang sampai ke Dewan Pers 2019. Kemudian pemateri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H Hermansjah SE yang diwakili Rizal Rudi Surya SH (Wakil Ketua PWI Sumut Bidang Pendidikan) dengan topik “Menggugat Profesionalisme Wartawan”, Dr Eka Nugraha MH dengan topik: ”Penulisan Bahasa dan peristilahan hukum” danSeptianda Perdana S Sos M Ikom dengan topik Jurnalis Multimedia di era digitalisasi” dengan dipandu Martohap Simarsoit SH (Wartawan SIB) sebagai moderator di hadapan peserta sekitar 40 an wartawan media cetak, elektronik dan online, yang sehari-hari meliput berita hukum di Kejaksaan dan Pengadilan di Medan. (BR1/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com