Kalah dari Gerindra di Survei Voxpol, Elite PDIP Tak Terganggu


128 view
Kalah dari Gerindra di Survei Voxpol, Elite PDIP Tak Terganggu
Foto: dok. istimewa
Hendrawan Supratikno
Jakarta (SIB)
Elektabilitas Gerindra mengungguli PDIP dalam survei Voxpol Center Research and Consulting. Senior PDIP, Hendrawan Supratikno, menyebut survei tersebut tidak akan mengganggu kinerja PDIP.

"Kerja-kerja kami tidak terganggu dengan hasil survei yang naik-turun. Pokoknya arah instruksi kami jelas dan konsisten, semua harus rajin turun ke masyarakat, menghadirkan wajah partai yang melayani dan solutif," ujar Hendrawan, Minggu (4/7).

Menurutnya, pemilu masih lama. Namun, keunggulan pada 2024 bukan terletak pada hasil survei, melainkan konsistensi.

"Setiap parpol melalui kader-kadernya berlomba membukukan torehan prestasi dan kinerja. Ini wajar-wajar saja. Yang unggul adalah yang konsisten menjaga kepercayaan rakyat," terang Hendrawan.

Sejauh ini, PDIP, kata Hendrawan, juga mengamati survei-survei yang beredar di masyarakat. Namun, tidak semua survei menjadi pertimbangan PDIP untuk evaluasi.

"Banyak survei berseliweran, dengan hasil-hasil yang berserakan. Semuanya kami catat. Namun jujur saja, di dapur utama kebijakan strategis, hanya 3-5 lembaga saja yang hasilnya kami cermati secara serius. Ini soal reputasi dan rekam jejak lembaga survei," jelas Hendrawan.

Survei Voxpol
Survei dilakukan pada 22 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pertanyaan yang diberikan dalam survei elektabilitas parpol ini adalah 'Jika pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dilaksanakan hari ini partai politik apa yang akan ibu/bapak/saudara pilih?'

Berdasarkan hasil, posisi PDI Perjuangan mulai digeser Partai Gerindra. Gerindra berada di posisi pertama dengan 27,9% dan PDI Perjuangan di posisi kedua dengan 23%.

Berikut ini hasil survei Voxpol terkait elektabilitas parpol 2024, dengan peringkat 6 teratas:
1. Gerindra 27,9%
2. PDI Perjuangan 23%
3. PKS 9,4%
4. Partai Demokrat 7,8%
5. Partai Golkar 6,8%
6. PKB 4,9% (detikcom/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com