Menpar Arief Yahya :

Kalau Usulannya Sudah Formal, Penetapan Bandara Raja Sisingamangaraja XII Harus Diterima


556 view
Kalau Usulannya Sudah Formal, Penetapan Bandara Raja Sisingamangaraja XII Harus Diterima
SIB/Frans Simanjuntak
LAUNCHING: Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan di acara Launching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan Sektor Pariwisata Homestay dan Tour Guide di Bukit Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Kamis (20/9).
Humbahas (SIB) -Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, mendukung perobahan nama Bandara Internasional Silangit menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII. Dia menilai penetapan nama pahlawan nasional sudah baik dan tepat sepanjang pengusulan perobahan nama itu sudah sesuai dengan prosedurnya.

"Oh iya bagus. Kalau udah (ditetapkan menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII). Kita setuju," kata Arief Yahya ketika diwawancarai wartawan SIB di Rumah Dinas Bupati Humbahas usai melaunching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan Sektor Pariwisata Homestay dan Tour Guide di Desa Tipang, Baktiraja, Kamis (20/9).

Arief mengatakan semua pihak harus turut mendukung kebijakan pemerintah Cq Kementerian Perhubungan dalam rangka perobahan nama bandara tersebut sepanjang sudah memenuhi syarat dan melalui prosedur yang diakui oleh negara. "Itu yang saya bilang tadi, kalau udah formal usulannya, ya harusnya diterima," kata Arief.

Arief mengaku pihaknya tidak terlalu mempersoalkan perobahan nama itu, sebab pemerintah lebih fokus untuk pengembangan bandara tersebut agar dapat meningkatkan kapasitasnya lebih luas lagi. 

"Mungkin jangan berpolemik di situ. Kita akan  bangun terus dengan kapasitas sampai lima ratus ribu penumpang. Sekarang baru dua ratus ribu. Tetapi okupasinya sudah 300 ribu," aku Arief seraya berpamitan menuju bandara untuk kembali ke Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Cq Kemenhub telah merestui perobahan nama Bandara Internasional Silangit menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII. Penetapan itu tertuang dalam surat Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan dengan nomor 243/srt/B-IV/XI/2018 perihal penyampaian salinan Keputusan Menteri Perhubungan. 

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1404 Tahun 2018 mencantumkan Bandara Internasional Silangit berubah nama menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII. 

Surat tertanggal 3 September 2018 tersebut ditandatangani Kepala Biro Hukum Kemenhub Wahju Adji yang ditujukan kepada Sesditjen Perhubungan Udara dan Direktur Bandar Udara, Ditjen Perhubungan Udara yang isinya meminta kepada aparat terkait untuk menindaklanjuti keputusan Menhub. (BR8/f)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com