Kapolda Papua: 16 Anggota Polisi Diperiksa Terkait Kerusuhan di Wamena

* Pangdam XVII/Cenderawasih Bantah Ada Prajurit Terlibat Kerusuhan di Sinakma

317 view
Kapolda Papua: 16 Anggota Polisi Diperiksa Terkait Kerusuhan di Wamena
Foto: Jonh Roy Purba/detikcom
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri 

Wamena (SIB)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengakui, ada 16 anggota polisi diperiksa terkait kerusuhan di Wamena yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia.

"Memang benar 16 anggota polisi yang bertugas saat kerusuhan di kawasan Sinakma, Distrik Wamena, Kamis (23/2) sudah diperiksa Propam Polda Papua," katanya, di Wamena, Senin (27/2).

Ia mengakui, tidak tertutup kemungkinan anggota polisi yang diperiksa akan bertambah karena penyelidikan masih terus dilakukan.

Dia mengatakan, Polres Jayawijaya sudah memulangkan 13 orang yang sempat ditangkap karena alasan keamanan.

"Kami tidak ingin penangkapan ke-13 orang dijadikan sekelompok masyarakat sebagai alasan untuk melakukan aksi hingga menimbulkan korban jiwa," katanya.

Menurutnya, walaupun sudah dilepaskan tidak tertutup kemungkinan mereka akan ditangkap kembali bila bukti-bukti dirasa mencukupi sehingga dapat diproses kembali kasusnya.

Apabila sudah cukup bukti, papar dia, maka penyidik akan kembali memanggil atau menangkap mereka dan bila tetap tidak diindahkan akan dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Kasus ini akan tetap diselidiki hingga tuntas sehingga ke depan tidak ada lagi kejadian seperti ini, " ujarnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com