Kapolda Sumut Resmikan Lima Polsek Baru, Termasuk Polsek Parbuluan di Dairi


257 view
(Foto/SIB Tulus Tarihoran)
FOTO BERSAMA: Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB, Mayjn TNI Hassanudin foto bersama dengan Forkopimda Dairi dan tokoh masyarakat usai peresmian Polsek Parbuluan, Kamis (29/4) di Sigalingging Desa Parbuluan IV, Dairi.
Sidikalang (SIB) -Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak meresmikan lima Polsek baru di wilayah hukum Polda Sumut. Upacara peresmiannya dilakukan di Desa Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Dairi, Kamis (29/4).

Kapolda Sumut bersama Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin meresmikan lima Polsek yaitu Polsek Medan Tuntungan wilayah hukum Polrestabes Medan, Polsek Kawasan Bandara KNIA, Polsek Pantailabu (Polresta Deliserdang), Polsek Lotu (Polres Nias) dan Polsek Parbuluan di wilayah Polres Dairi. Polsek Parbuluan menjadi lokasi peresmian kelima Polsek yang dilaksanakan secara virtual.

Peresmian Polsek juga dihadiri, Danrem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting, Dandim 0206/ Dairi, Letkol Arh Adietya Y Nurtono, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Ledis Meriana Bakara, Kajari Dairi, Syahrul Juaksha Subuki, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani, tokoh agama Pdt Togar Sigalingging, tokoh masyarakat dan lainnya.

Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak mengapresiasi tokoh masyarakat Sigalingging yang sudah bersedia membantu pendirian Polsek Parbuluan dan menyerahkan tanahnya menjadi asrama. Dari lima Polsek yang diresmikan itu, Polsek Parbuluan dianggap yang paling siap.

"Saya kira sebelummya, Polsub Sektor Parbuluan masih menumpang, ternyata sudah memiliki bangunan dan areal yang cukup. Ini adalah sebuah penghargaan masyarakat Sigalingging kepada Polri," katanya.

Lanjutnya, Kapolri memiliki program transformasi menuju Presisi, untuk memberikan pelayanan sempurna. Dalam program itu, di antaranya transformasi organisasi, penataan kelembagaan. mempersiapkan strategi terkait pelayanan yaitu satu kecamatan 1 Polsek.

Khusus Sumut, Polres sebanyak 28 dari 33 kabupaten. Artinya masih ada 5 kabupaten yang belum memiliki Polres. Sementara Polsek sebanyak 208, dari 450 kecamatan di Sumut. Setengah belum terealisasi. Kendati demikian, ia mengaku yakin realisasi pembentukan Polsek bila dibantu masyarakat akan tercapai.

"Ini tantangan menyiapkan 250 Polsek ke depan. Masyarakat dan pemerintah daerah dapat gotong royong merealisasikan," katanya.

Kepolisian bertugas melayani, melindungi dan pengayoman masyarakat. Upaya lain, juga dilakukan dengan mengupayakan Babhinkamtibmas satu orang satu desa. Hal itu strategi mendekatkan polisi dengan masyarkat, bagaimana memilihara sinergitas dan mengayomi masyarakat.

Sementara itu, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, merasa bangga, karena peresmian 5 Polsek di wilayah Sumut digelar di Desa Parbuluan IV, Dairi. Kecamatan Parbuluan merupakan salah satu kecamatan yang merupakan lintasan, menghubungkan Dairi dengan beberapa kabupaten.

Kehadiran Polsek Parbuluan diharapkan menjadi semangat bagi masyarakat dan semakin terbentuk sinergitas dengan polisi. Sehingga keamanan dan kondusifitas di wilayah Parbuluan samakin terjaga.(B3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com