Kapolda Sumut Terima Penghargaan Kepatuhan Tertinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman


258 view
Kapolda Sumut Terima Penghargaan Kepatuhan Tertinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman
(Foto: Dok/Humas Polda Sumut)
Foto Bersama: Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didampingi (enam dari kanan) didampingi Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut Abyadi Siregar (lima dari kiri) berfoto bersama para Kapolres penerima Piagam Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik di Kantor Ombudsman Sumut, Rabu (9/2). 

Medan (SIB)

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menerima piagam penghargaan hasil penilaian kepatuhan tinggi standar pelayanan publik Kepolisian Resort se-Sumut dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumut, Rabu (9/2).


Piagam tersebut diserahkan Kepala Ombudsman perwakilan Provinsi Sumut Abyadi Siregar kepada Kapolda Sumut disaksikan para Pejabat Utama Polda Sumut dan Kapolres sejajaran.


Turut hadir dalam penyerahan piagam tersebut, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Verivikasi dan Laporan Ombudsman perwakilan Provinsi Sumut Tety Silaen, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan James Panggabean dan Kepala Keasistenan Pencegahan Mory Gultom.


Pada kesempatan itu, Kepala Ombudsman perwakilan Provinsi Sumut Abyadi Siregar mengatakan, pihaknya mengapresiasi hasil yang dicapai kepolisian terkait hasil penilaiaan kepatuhan pelayanan publik.


"Untuk jajaran Kepolisian khususnya di Sumatera Utara terdapat 9 Polres yang berada di Zona Hijau, 16 Polres Zona Kuning," katanya.


Untuk jajaran Polres, hanya 3 unit sentral pelayanan di Polres yang disurvei yakni Unit Lantas, Unit Sat Intelkam dan SPKT.


"Kami sangat bangga kepada Kapolda Sumut dan 9 Kapolres atas penghargaan Zona Hijau penilaian kepatuhan tinggi standar pelayanan publik. Semoga hal ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi," ucapnya.


Pada kesempatan itu, Abyadi juga mengapresiasi 9 Polres jajaran Polda Sumut yang meraih predikat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik, berdasarkan hasil survei Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut. Menurutnya, jika dibandingkan dengan pemerintah daerah, hasil survei di unit layanan kepolisian patut diapresiasi.


"Meski masih ada yang meraih zona kuning dan merah, namun angka ini merupakan suatu capaian yang patut diapresiasi," katanya.


Pihaknya berharap, Polres yang masih meraih zona kuning dan merah atau kepatuhan sedang serta rendah, dapat segara diperbaiki. Menurutnya, pihaknya siap memberikan pendampingan untuk perbaikan pelayanan publik.


Selain mengucapkan terimakasih atas piagam tersebut, Kapolda Sumut mengaku berharap Ombudsman dapat menambah unit yang akan disurvei, seperti unit layanan 110 yang merupakan salah satu program Kapolri di bidang pelayanan dalam rangka agar Polri melakukan pelayanan dan respon cepat.


Kapolda Sumut juga meminta Polres jajaran yang sudah mencapai zona hijau untuk tetap mempertahankan predikat tersebut. "Sampaikan salam terimakasih kepada anggota yang berada di unit pelayanan. Untuk Polres yang berada di zona merah kita dorong untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," tegasnya.


Mantan Kapolda Sulut ini berharap, tahun depan tidak ada lagi Polres jajaran Polda Sumut yang berada di zona merah, serta seluruh 55 satuan kerja (Satker) Polda Sumut diharuskan mengikuti predikat WBK tahun ini.


Sebelumnya, berdasarkan hasil survei kepatuhan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut Tahun 2021, 9 Polres jajaran Polda Sumut berhasil meraih predikat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik. Ke-9 Polres peraih predikat zona hijau tersebut yakni, Polrestabes Medan, Polresta Deliserdang, Polres Batubara, Binjai, Dairi, Labuhanbatu, Simalungun, Tapanuli Selatan dan Pematangsiantar. (A16/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com