Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

Kapolri soal Impor Pakaian Bekas: Tindak Tegas Jika Ada Penyelundupan

Redaksi - Senin, 20 Maret 2023 09:18 WIB
202 view
Kapolri soal Impor Pakaian Bekas: Tindak Tegas Jika Ada Penyelundupan
Antara/Suryanto
Ilustrasi Impor Pakain Bekas
Jakarta (SIB)
Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) geram atas maraknya impor pakaian bekas. Sebab, hal itu mengganggu industri tekstil dalam negeri.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan telah menginstruksikan seluruh jajaran kepolisian untuk mencari akar masalah serta memeriksa hal ini.
"Terkait dengan instruksi Bapak Presiden, saya sudah instruksikan kepada jajaran untuk dilakukan pemeriksaan," kata Sigit kepada wartawan, seperti dalam keterangan yang diterima, Minggu (19/3).
Sigit menekankan, apabila dalam pemeriksaan nanti ditemukan praktik penyelundupan, polisi tidak akan segan melakukan tindakan tegas kepada siapa pun.
"Kalau nanti kedapatan ditemukan ada penyelundupan yang memang itu dilarang pemerintah, saya minta untuk ditindak tegas," ujar Sigit.
Tindakan tegas tersebut, menurut Sigit, merupakan komitmen dari jajaran Polri dalam rangka mengawal dan mengamankan seluruh program kebijakan pemerintah dalam rangka mempertahankan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Salah satunya adalah menjaga pasar domestik.
"Kita jajaran dari institusi Polri harus betul-betul bisa mengawal apa yang menjadi kebijakan Presiden," ucap Sigit.
Presiden Jokowi mengaku geram atas praktik bisnis pakaian bekas impor. Jokowi memandang bisnis tersebut mengganggu industri tekstil dalam negeri.
"Sudah saya perintahkan untuk cari betul. Sehari, dua hari, sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri. Sangat mengganggu industri tekstil dalam negeri," kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).
Jokowi lantas mengimbau masyarakat agar menyetop kegiatan impor pakaian bekas. Jokowi mengaku telah memerintahkan aparat penegak hukum ataupun pihak terkait untuk memberantas praktik tersebut.
"Jadi yang namanya impor pakaian bekas, setop. Mengganggu, sangat mengganggu industri dalam negeri kita," tegas dia. (detikcom/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Menko Luhut Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University
Jokowi Perintahkan PON 2024 Tepat Waktu!
Jokowi Beri Selamat ke PM India Narendra Modi
Lanal TBA Tangkap Penyelundupan 1 Kg Sabu Asal Malaysia, Seorang Wanita Diamankan
Petugas Rutan Tarutung Gagalkan Penyelundupan Narkoba yang Dibawa Pengunjung ke WBP
Soal Anggota Densus 88 Buntuti Jampidsus, Jokowi Panggil Kapolri dan Jaksa Agung
komentar
beritaTerbaru