Kasetpres Pastikan Jokowi Tampung Aspirasi Pendemo Meski Ada di Bogor


256 view
Kasetpres Pastikan Jokowi Tampung Aspirasi Pendemo Meski Ada di Bogor
(foto: dok MPI)
Demo buruh di Jakarta.

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkegiatan di Istana Bogor di tengah adanya demo 2309 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Istana mengatakan pemerintah siap menampung aspirasi para pendemo.


"Tentunya nanti ada petugas atau staf yang menangani, bisa di jajaran Kepala Staf Kepresidenan, di bawah Pak Moeldoko, bisa yang lainnya. Tentunya perwakilan pemerintah pasti ada. Semoga tuntutan itu bisa dicatat dan menjadi perhatian bagi kita semua. Kan sama kan tuntutan semua dari kemarin," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/9).


Heru mengatakan agenda Jokowi di Bogor sudah terjadwal sejak jauh-jauh hari. Kegiatan Jokowi biasanya memang di Bogor menjelang akhir pekan.


"Kebetulan terjadwal sudah dari minggu lalu, Senin sampai Kamis beliau di Jakarta, hari Jumat biasanya akhir pekan jadwal cukup padat juga di Bogor," ujar Heru.


Sebelumnya, massa aksi Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) berdatangan ke kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.


Mereka menggelar demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


Massa aksi terlihat membawa sejumlah spanduk yang berisi tuntutan mereka. Selain itu, kawat berduri dan separator beton dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat. Arus lalu lintas di kedua arah ditutup.


"Kami ingatkan, di dalam penyampaian pendapat di muka umum, tentu diselaraskan dengan hak dan kewajiban. Untuk itu, saya ingatkan di dalam menyampaikan pendapat di muka umum, mari kita lakukan dengan damai, tenteram, dan tertib tanpa mengganggu hak-hak orang lain. Kami harap penyampaian aspirasi dan pendapat di muka umum dapat berjalan dengan baik," kata seorang polisi melalui pengeras suara.


"Kami akan mengawal saudara-saudaraku dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Kami ucapkan semoga kita semua diberi petunjuk-bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita diberi kemudahan dan dijauhkan dari seluruh keburukan dan didekatkan dengan semua kebaikan," sambungnya.


Sejumlah petugas gabungan tampak berjaga di sekitar lokasi aksi. Mobil pemadam kebakaran dan mobil water cannon juga disiagakan.


"Disiagakan personel gabungan TNI-Polri sebanyak 3.800," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com