Kasus Baru Covid-19 di Sumut 24, Meninggal 1 Orang

* 25.000 Botol Vaksinasi Merek Coronavac 2 Tiba

165 view
Kasus Baru Covid-19 di Sumut 24, Meninggal 1 Orang
Foto Dok/Kemenkes
Penyebaran kasus baru Covid-19 di Indonesia
Medan (SIB)
Kasus baru Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tanggal 11 Oktober 2021, kembali ditemukan sebanyak 24 orang, angka kesembuhan 121 orang, meninggal satu orang.

Sehingga, total kasus mencapai 105.295 orang, angka kesembuhan 101.502 orang, meninggal 2.860 orang. Jumlah ini diperoleh jurnalis harianSIB.com melalui laporan media harian Covid-19 Kemenkes RI, Senin (11/10).

Di hari yang sama, Sumut peringkat kedelapan sebagai daerah penyumbang kasus baru Covid-19 di Indonesia. Peringkat pertama diraih Jawa Tengah sebanyak 97 orang.

Jawa Barat peringkat kedua sebanyak 69 orang, Jawa Timur peringkat ketiga sebanyak 47 orang, DKI Jakarta peringkat keempat sebanyak 41 orang, Bali peringkat kelima sebanyak 37 orang.

Kemudian, Riau peringkat keenam sebanyak 30 orang, Kalimantan Timur peringkat ketujuh sebanyak 28 orang, Sumatera Utara peringkat kedelapan sebanyak 24 orang.

Seperti diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat bersamaan dengan langkah kabupaten/kota menggelar berbagai sosialisasi.

Sebagaimana indikator yang disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bahwa penegakan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat dapat menurunkan status PPKM di kabupaten/kota.

Edy menekankan pentingnya upaya vaksinasi kepada warga. Dengan begitu, semakin banyak yang terlindungi dan bisa mencapai herd immunity yang diharapkan. Ia berharap upaya vaksinasi terus berlanjut di seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

Begitu juga disiplin prokes, agar masyarakat terus disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan.

Tiba di KNO
Terpisah, 25.000 botol (vial) vaksin Covid-19 merek Coronavac 2, untuk tambahan kebutuhan untuk masyarakat Sumut tiba di Bandara Internasional Kualanamu (KNO), Senin (11/10) pukul 9.50 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA- 182 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK).

Informasi diperoleh di Bandara Kualanamu, vaksin Coronavac itu dikemas ke dalam 13 kotak (koli) terdiri dari 12 kotak masing-masing berisi 2.000 botol ditambah satu kotak lagi berisi 1.000 botol, sehingga jumlahnya 25.000 botol.

Vaksin yang disebut untuk dosis kedua, dikemas oleh Bio Farma di Jalan Pasteur Bandung yang dikirim TSA (Trijaya Semesta Abadi) Cargo, selaku pihak ekspedisi ke Sumut. Setiap botol adalah untuk kebutuhan 2 dosis sehingga sejumlah vaksin adalah untuk kebutuhan 50.000 dosis.

Tiba di terminal Cargo, Personel Polsek Kawasan Bandara Kualanamu dibantu Sat Sabhara, dan Sat Intelkam Polresta Deliserdang, melakukan pengamanan untuk diverifikasi dengan menscan barcode yang ada diluar kemasan.

Selanjutnya, pengawalan dan pengamanan Sat Lantas Polresta Deliserdang bersama tim Sat Gegana Brimob Polda Sumut, 13 kotak vaksin dibawa ke gudang vaksin Dinkes Provinsi Sumut di Jalan Prof M Yamin Medan.

Plt Kapolsek Bandara Kualanamu Polresta Deliserdang, Iptu Jonni H Damanik SH MH ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kedatangan 13 kotak atau 25.00 botol vaksin Covid-19 merek Coronavac merupakan pengiriman tahap 68, tiba di Bandara Internasional Kualanamu. (SS6/C1/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com