Kasus Cacar Monyet Ditemukan di RI, Kemkes Ingatkan Perilaku Hidup Bersih

* IDI Gencarkan Koordinasi ke Dinkes Daerah

201 view
Kasus Cacar Monyet Ditemukan di RI, Kemkes Ingatkan Perilaku Hidup Bersih
Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan
Ilustrasi Monkeypox

Jakarta (SIB)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi adanya pasien pertama virus cacar monyet di DKI Jakarta. Kemenkes meminta masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), protokol kesehatan, waspada dengan gejala dan menghindari kontak. Bila bergejala segera ke Puskesmas/RS," ujar juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril, saat dihubungi, Sabtu (20/8).

Syahril juga mengatakan, masyarakat perlu mewaspadai bila ada gejala yang dirasakan.

Menurutnya masyarakat perlu segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas maupun Rumah Sakit bila merasakan gejala cacar monyet.

Syahril menjelaskan, masa inkubasi cacar monyet berlangsung selama 5 hingga 21 hari.

Selain itu disebutkan pada masa inkubasi, pasien akan merasakan beberapa gejala demam tinggi hingga nyeri pada bagian kepala.

"Masa invasi (0-5 hari), demam tinggi, sefalgia berat, limfadenopati, myalgia dan astenia," tuturnya.

Selanjutnya disebutkan tedapat masa erupsi yang terjadi pada 1-3 hari pascademam. Syahril menyebut pada masa ini pasien akan mengalami ruam pada kulit.

"Masa erupsi (1-3) hari pasca demam terjadi ruam pada kulit. Ruam 95% mengenai wajah, telapak tangan dan kaki 75%, mukosa 70%, alat kelamin 30%, selaput lendir mata 20%," ujarnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com