Kasus Harian Covid-19 Sumut 2 dan Sembuh 2 Orang

* Gubernur Edy Minta IDI Sumut Bantu Penanganan Pandemi Corona

264 view
Kasus Harian Covid-19 Sumut 2 dan Sembuh 2 Orang
Foto: harianSIB.com/Leo Bukit
WAWANCARA: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Ketua Umum PB IDI Dr Daeng M Faqih SH MH, Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL, Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) dan Prof Dr dr Farhat MKed (ORL-HNS) SpTHT-KL (K) saat wawancara di Medan, Minggu (5/12).

Medan (SIB)

Kasus harian Covid-19 menurun di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kasus baru pada tanggal 5 Desember 2021, tercatat 2 orang, sembuh 2 orang dan meninggal nihil.


Sedangkan kasus baru sehari sebelumnya 3 orang, sembuh 3 orang dan meninggal nihil. Jumlah tersebut dilansir dari harianSIB.com dan laporan media harian Covid-19 Kemenkes, Minggu (5/12).


Di hari yang sama, Sumut kembali naik ke peringkat 12 sebagai daerah penyumbang kasus baru Covid-19 di Indonesia. Sehari sebelumnya, Sumut pada peringkat 15.


Peringkat pertama diraih DKI Jakarta sebanyak 43 orang, Jawa Timur peringkat kedua sebanyak 29 orang, DI Yogyakarta peringkat ketiga sebanyak 28 orang, Jawa Barat peringkat keempat sebanyak 27 orang.


Jawa Tengah peringkat kelima sebanyak 12 orang, Nusa Tenggara Timur peringkat keenam sebanyak 8 orang, Banten peringkat ketujuh sebanyak 7 orang, Papua Barat peringkat kedelapan sebanyak 7 orang.


Riau peringkat kesembilan sebanyak 5 orang, Bali peringkat 10 sebanyak 5 orang, Kalimantan Barat peringkat 11 sebanyak 5 orang, Sumatera Utara peringkat 12 sebanyak 2 orang.


Terpisah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta pada pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumut untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Sumut.


“Kita harapkan pengurus baru ini siap membantu Pemerintahan Provinsi Sumut dalam bidang kesehatan khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sumut,” katanya saat menghadiri pelantikan pengurus IDI Sumut periode 2021-2024 di Medan, Minggu (5/12).


Ia juga mengungkapkan pada ketua terpilih untuk menyampaikan rencana program kerja yang akan dilakukan dan apa yang harus dilakukan pemerintah untuk memajukan Sumut terkhusus di bidang kesehatan.


“Abis ini, tolong sampaikan apa yang bisa bapak buat dan apa yang harus saya lakukan, intinya saya tidak paham karena ilmu yang kita miliki juga sudah bertolak belakang. Makanya kita harus kompak,” ujar Edy sembari mengatakan Ia punya mimpi membangun Rumah Sakit bertaraf internasional di Sumut.


Ia berharap IDI sebagai organisasi besar bisa bergerak secara loyalitas, esprit de corps dan bekerjasama. “Aturan mainnya pertama harus loyalitas, apa itu nanti kebijakan ketua umum sampai ke bawah. Ajak dokter ini loyal meski bukan hal mudah,” sebutnya.


Kedua esprit de corps, jiwa atau perasaan sebagai satu kesatuan sehingga apapun yang dilakukan akan bersangkutan dengan yang lain. “Kalau melakukan hal yang tak benar semua malu ini dan ketiga kerjasama, sekecil apapun kalau dilakukan dengan kerjasama akan menghasilkan sesuatu yang besar,” ujar Edy.


Sedangkan, Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL berharap para dokter yang merupakan bagian dari ketahanan nasional bisa berpartisipasi aktif untuk menjaga keutuhan bangsa terutama saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19.


“Ke depan, kita berharap ada sinergi yang baik antar sesama pengurus IDI dan dengan Pemprov sehingga pelayanan kesehatan di Sumut bisa ditingkatkan,” ujarnya.


Hal senada yang dikatakan Ketua Umum PB IDI Dr Daeng M Faqih SH MH diharapkan pengurus baru dan seluruh IDI cabang di seluruh Sumut akan siap membantu Pemprov Sumut di bidang kesehatan terutama bidang penanganan pandemi Covid-19.


“Pada awal-awal penanganan pandemi seluruh dokter di Indonesia bahkan di dunia memang gagap dalam menangani pandemi namun saat ini mulai terbentuk ekosistem pelayanan yang baik,” ujarnya.


Apalagi, lanjutnya ke depan masih ada ancaman varian baru Covid-19 yakni varian Omicron. Untuk itu, diharapkan IDI Sumut di bawah kepemimpinan dr Ramlan bisa melakukan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, diantaranya pemerintah.


“Dengan kolaborasi yang baik mudah-mudahan IDI Sumut di bawah kepemimpinan dr Ramlan bisa kompak dan saling bahu-membahu dengan pemerintah daerah untuk terus mengawal pelayanan kesehatan khususnya di masa pandemi saat ini karena ke depan masih ada ancaman omicron,” tutupnya. (SS6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com