Kasus Harian Covid-19 Sumut 6, Varian Omicron Belum Ditemukan

* 271.640 Dosis Vaksin Sinovac Tiba

200 view
Kasus Harian Covid-19 Sumut 6, Varian Omicron Belum Ditemukan
(AP/Jerome Delay)
Orang-orang menunggu di bandara OR Tambo di Johannesburg, Jumat (26/11/2021). Sejumlah negara bergerak untuk menghentikan perjalanan udara dari Afrika Selatan sebagai reaksi terhadap berita varian baru COVID-19 yang berpotensi lebih menular yang telah terdeteksi di Afrika Selatan. 
Medan (SIB)
Kasus harian Covid-19 kembali naik di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kasus baru di Sumut pada tanggal 29 November 2021, tercatat 6 orang, sembuh 5 orang dan meninggal nihil.

Sedangkan kasus baru sehari sebelumnya 1 orang, sembuh 14 orang dan meninggal nihil. Jumlah tersebut dilansir dari harianSIB.com dan laporan media harian Covid-19 Kemenkes, Senin (29/11).

Di hari yang sama, Sumut ikut naik ke peringkat 9 sebagai daerah penyumbang kasus baru Covid-19 di Indonesia. Sehari sebelumnya, Sumut pada peringkat 22.

Peringkat pertama diraih DKI Jakarta sebanyak 41 orang, Jawa Barat peringkat kedua sebanyak 29 orang, Jawa Tengah peringkat ketiga sebanyak 20 orang.

Bali peringkat keempat sebanyak 11 orang, Jawa Timur peringkat kelima sebanyak 10 orang, Bangka Belitung peringkat keenam sebanyak 8 orang.

Kalimantan Timur peringkat ketujuh sebanyak 8 orang, Sulawesi Utara peringkat kedelapan sebanyak 7 orang, Sumatera Utara peringkat kesembilan sebanyak 6 orang.

Sementara itu, varian baru Omicron belum ada ditemukan di Sumut. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah MM, Senin (29/11).

Seperti diketahui, varian baru virus corona kembali ditemukan dan telah dikonfirmasi oleh WHO di beberapa negara. Varian baru Covid-19 itu dikenal dengan nama Omicron.

Varian yang juga disebut B.1.1.529 ini digolongkan ke dalam kategori variant of concern, karena dianggap lebih menular. "Sampai sejauh ini virus corona jenis itu (Omicron) belum ada kita temukan," katanya.

Menurutnya, varian baru virus corona terus bermunculan. Diantaranya, varian Delta Plus AY.4.2, varian Mu, varian Covid-19 India atau B.1.617 dan sebagainya.

"Varian baru Covid-19 ada terus, virus corona ini terus bermutasi. Seingat saya, ada varian baru ditemukan di Afrika Selatan (Omicron), dan beberapa negara lain. Jadi, yang namanya virus itu tetap bermutasi," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar terus mewaspadai penularan Covid-19 dengan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Selalu gunakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, hindari kerumunan dan kurangi mobilitas. Di samping itu, juga mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Walau angka kasus aktif Covid-19 di Sumut telah jauh menurun, disiplin menjalankan protokol kesehatan harus tetap dilakukan dan juga mengikuti vaksinasi bagi yang belum. Jangan sedikitpun lengah dengan prokes," tegasnya.

Di lokasi terpisah, sebanyak 271.640 dosis vaksin Covid-19 merek sinovac, tiba di Bandara Internasional Kualanamu (KNO) menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-182 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Senin (29/11) pukul 09.40 WIB.

Informasi diperoleh, sejumlah vaksin dikemas ke dalam 38 kotak (koli) oleh Bio Farma di Jalan Pasteur Bandung yang dikirim TSA (Trijaya Semesta Abadi) Cargo selaku pihak ekspedisi ke Sumut.

Sejumlah 38 kotak vaksin berisi 135.820 vial (botol), sedang setiap botol adalah untuk kebutuhan 2 dosis, sehingga seluruhnya 271.640 dosis.

Dengan pengamanan Personel Polsek Kawasan Bandara dibantu Sat Sabhara, dan Sat Intelkam Polresta Deliserdang, 38 kotak vaksin tersebut diverifikasi dengan menscan barcode yang ada diluar kemasan, selanjutnya GPS dan pengukur suhu dipasang didalam mobil box pembawa vaksin.

Selanjutnya, 38 kotak vaksin dibawa ke gudang vaksin Dinkes Provinsi Sumut di Jalan Prof M Yamin Medan, dengan pengawalan dan pengamanan Sat Lantas Polresta Deliserdang bersama tim Sat Gegana Brimob Polda Sumut.

Kapolsek Kawasan Bandara Kualanamu Polresta Deliserdang, Iptu Jonni H Damanik SH MH ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kedatangan 271.640 dosis vaksin Covid-19 merek sinovac merupakan pengiriman ke-102, tiba di Bandara Internasional Kualanamu. (SS6/C1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com