Kasus Harian Covid-19 Sumut 9, Medan Level 2

* Pakpak Bharat dan Nias Selatan Masuk Zona Hijau

127 view
Kasus Harian Covid-19 Sumut 9, Medan Level 2
Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif
Ilustrasi vaksinasi
Medan (SIB)
Kasus harian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) lebih tinggi dibandingkan angka yang sembuh. Kasus baru di Sumut pada tanggal 25 November 2021, tercatat 9 orang, sembuh 3 orang dan meninggal nihil.

Sedangkan kasus baru sehari sebelumnya 6 orang, sembuh 4 orang dan meninggal nihil. Jumlah tersebut dikutip dari harianSIB.com dan laporan media harian Covid-19 Kemenkes, Kamis (25/11).

Di hari yang sama, peringkat Sumut kembali naik ke posisi 10 sebagai daerah penyumbang kasus baru Covid-19 di Indonesia. Sehari sebelumnya, Sumut pada peringkat 15.

Peringkat pertama diraih DI Yogyakarta sebanyak 79 orang, DKI Jakarta peringkat kedua sebanyak 54 orang, Jawa Tengah peringkat ketiga sebanyak 45 orang, Jawa Barat peringkat keempat sebanyak 44 orang.

Jawa Timur peringkat kelima sebanyak 32 orang, Nusa Tenggara Timur peringkat keenam sebanyak 18 orang, Riau peringkat ketujuh sebanyak 14 orang.

Bali peringkat kedelapan sebanyak 13 orang, Kalimantan Selatan peringkat kesembilan sebanyak 11 orang, Sumut peringkat 10 sebanyak 9 orang.

Sementara, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Medan bertahan di level 2. Level tersebut berdasarkan penetapan sesuai dengan Instruksi Gubernur Sumut Nomor 188.54/49/INST/2021.

Daerah untuk PPKM level 1 ada sembilan kabupaten/kota yaitu Nias, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Sibolga, Binjai, Tebingtinggi, dan Gunungsitoli. Untuk level 2 terdapat 21 kabupaten/kota yaitu Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Langkat, Deliserdang, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Toba.

Kemudian, Mandailing Natal, Nias Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Batubara, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Nias Utara, Nias Barat, Medan, Pematangsiantar, dan Padangsidimpuan. Daerah level 3 yaitu Padanglawas, Padanglawas Utara dan Tanjungbalai.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta semua daerah mematuhi ketentuan PPKM untuk terus menekan penyebaran Covid-19 di Sumut. “Saya harap ketentuan PPKM kita patuhi, cermat melihat segala penambahan kasus, melakukan testing, tracing dan treatment sesuai ketentuan juga Prokes,” katanya.

Menurut keterangan Edy Rahmayadi, salah satu yang membuat kabupaten/kota masih masuk ke level 3 karena belum mencapai target baik itu, testing, tracing dan treatmen atau vaksinasi.

Di lokasi terpisah, Pakpak Bharat dan Nias Selatan turut bergabung bersama Nias Barat, Sibolga dan Nias Utara sebagai lima daerah berstatus zona hijau di Provinsi Sumut.

Berdasarkan data diperoleh dari website resminya di laman https://covid19.go.id/peta-risiko, Satgas Penanganan Covid-19 Pusat menempatkan dua kabupaten baru di Sumut masuk ke kawasan zona hijau dan dua kabupaten lainnya kembali ke kawasan zona kuning (risiko rendah).

Adapun dua kabupaten yang kembali ke zona kuning itu adalah, Nias dan Mandailing Natal. Sedangkan dua kabupaten yakni Pakpak Bharat dan Nias Selatan pekan ini turut bergabung bersama Nias Barat, Sibolga dan Nias Utara sebagai lima daerah berstatus zona hijau di Provinsi Sumut.

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan sejumlah indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan melalui epidemiologi. Masing-masing adalah penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya sesuai update pertanggal 21 November 2021.

Vaksin Coronavac Tiba
Di waktu yang sama, untuk mempercepat herd immunity, Provinsi Sumut kembali kedatangan 177.880 dosis vaksin Coronavac di Terminal Cargo Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang.

Dalam pengawalan yang dilakukan, sebanyak 1 SSR personel Brimob dibawah pimpinan Kanit II Subden Bantis Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Iptu Sandro Situngkir juga diturunkan.

Kabag Ops Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Heriyono mengatakan, setibanya di Bandara, vksin tersebut nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah di wilayah Sumut.

"Vaksin yang tiba hari ini adalah vaksin dengan jenis Coronovac dan langsung dikawal Brimob mulai dari Terminal Cargo Bandara KNIA menuju Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Jalan HM Yamin Medan," katanya.

Ia menjelaskan selama proses berlangsungnya pengawalan berjalan dengan aman dan lancar. Turut hadir dalam pengamanan vaksin tersebut antara lain dari Personel Koramil 23/BRG, Personel Polsek Kawasan Bandara Kualanamu dan Polresta Deliserdang.

"Dalam pengawalan vaksin hari ini menurunkan 1 Regu personel Brimob Polda Sumut. Vaksin kita serah terimakan kepada pihak Dinas Kesehatan yang diterima langsung oleh Bapak Damhuri selaku Staff Pengurus Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut," tutupnya. (SS6/C1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com