Kasus TBC, RI Urutan 3 Terbanyak di Dunia

* Menko PMK Minta Dibangun Tempat Khusus TBC di Kecamatan

180 view
Kasus TBC, RI Urutan 3 Terbanyak di Dunia
Foto: Freepik
Ilustrasi.

Jakarta (SIB)

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan data kasus TBC di Indonesia. Menurutnya, agak memalukan karena Indonesia masuk daftar 10 besar negara dengan kasus TBC terbanyak.


"TBC merupakan masalah kesehatan global. Indonesia menempati urutan ketiga penyumbang kasus TBC terbanyak di dunia. Diperkirakan ada 824 ribu kasus, dengan kasus TBC resisten obat atau TB RO sebanyak 8.268, dan hanya sekitar 61 persen TB RO yang memulai pengobatan di tahun 2021," kata Muhadjir dalam sambutan di acara Aksi PROTEKSI Wadah Kemitraan Penanggulangan TBC, disiarkan di akun YouTube Kemenko PMK, Rabu (31/8).


Muhadjir pun menyebut, berdasarkan Global Report TB 2021, Indonesia masuk sepuluh besar negara penyumbang kasus TBC terbanyak. Menurutnya, itu agak memalukan bagi bangsa Indonesia dan harus diatasi.


"Menurut data Global Report TB 2021, Indonesia masuk di 10 besar negara dengan beban kasus TBC, TB HIV, dan TBRO terbanyak di dunia. Tentu saja hal ini bukan sebuah prestasi, suatu hal yang agak memalukan," katanya.


Namun, menurut Muhadjir, data itu harus menjadi pemacu untuk penuntasan kasus TBC. Indonesia memiliki target bebas TBC tahun 2030.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com