Kawasan Hutan di Pinggiran Danau Toba Dirambah


181 view
Kawasan Hutan di Pinggiran Danau Toba Dirambah
Foto: Dok/Warga Hinalang
DIRAMBAH: Kawasan hutan daerah pinggiran Danau Toba wilayah Nagori Hinalang, Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun dirambah oknum tidak bertanggung jawab, Senin (22/11).
Simalungun (SIB)
Kayu di kawasan hutan daerah pinggiran Danau Toba wilayah Nagori Hinalang Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun atau sering disebut warga sebagai Hutan Siboras, dirambah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kayu yang dirambah adalah jenis pohon pinus. Kayu tersebut diolah di kawasan itu menjadi bahan jadi seperti papan dan broti. Ditaksir, sudah sekitar 30 pokok kayu yang sudah dirambah.

Hal itu membuat masyarakat resah. Pasalnya, kayu itu dulunya ditanam melalui program penghijauan. Namun setelah kayunya besar, dirambah orang yang tidak bertanggung jawab.

"Anggaran penanaman kayu itu pun dulunya dari pemerintah. Namun setelah kayunya besar ditebang. Kita sangat geram melihat keadaan ini. Karena itu, diminta kepada pihak terkait menangkap pelaku perambahan hutan itu," kata seorang warga Nagori Hinalang yang tidak ingin namanya dipublikasikan, Senin (22/11).

Kasi PHPM (Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematangsiantar Tigor Siahaan ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan, bahwa lokasi penebangan kayu itu merupakan kawasan hutan

"Iya, itu kawasan hutan. Kasus ini sudah ditangani Polres Simalungun," katanya, Senin (22/11).

Ditanya, langkah apa yang akan dilakukan pihak KPH Wilayah II Pematangsiantar terkait perambahan hutan tersebut, Tigor kembali menegaskan, hal itu sudah ditangani polisi.

"Sudah ditangani Polsek Purba dan Polres ya. Kalau dari kami akan menjadi saksi ahli nantinya," katanya.

Terkait hal tersebut, beredar kabar di kalangan masyarakat bahwa telah diamankan polisi dua orang atas perambahan hutan itu. Namun pihak kepolisian membantah.

"Tidak ada (diamankan). Kalau soal penebangan kayu itu, kasusnya masih lidik," kata Kanit Tipiter Polres Simalungun Ipda Bayu. (D5/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com