Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

Keberagaman jadi Kekuatan Politik Inklusif


254 view
Keberagaman jadi Kekuatan Politik Inklusif
Foto : Istimewa
Lestari Moerdijat

Jakarta (SIB)

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai keragaman identitas, budaya, bahasa, etnis, dan agama dapat menjadi kekuatan penuh untuk menghadirkan praktik politik yang inklusif serta menjangkau semua pihak tanpa pembeda.

"Kegiatan politik tidak bisa dilepaskan dari identitas seseorang. Setiap politisi memiliki beragam identitas secara ras, agama, maupun asal daerah. Namun, terdapat nilai, ideologi, filosofi kebangsaan yang menjadi pedoman dalam berpolitik," kata Lestari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (23/11).

Lestari menyampaikan hal itu saat menerima peserta "Socdem Asia-Progressive Alliance" dengan tema Politics of Identities: Harnessing Power in Diversity and Unity di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/11).

Lestari menilai identitas personal berkorelasi dengan realitas sosial tempat individu bertumbuh. Dalam catatan sejarah, tambahnya, budaya Asia dengan seperangkat identitas dan semangat kesatuan mengalami tantangan melalui bermacam distorsi politik.

"Bermacam distorsi politik itu kemudian mengerucut pada tujuan utama demokrasi sosial yaitu merangkul kelompok yang dikucilkan secara sosial kemudian merealisasikan hak-hak universal yang tak terpisahkan dari diri mereka," jelasnya.

Menurut Lestari, identitas adalah bagian dari keadaan alamiah manusia yang di dalamnya terdapat identitas sosial, misalnya sebagai orang Indonesia yang juga merupakan bagian dari Asia Tenggara dan Asia.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com