Kejari Simalungun Selidiki Lima Proyek BMBK Sumut Berbiaya Puluhan Miliar Rupiah Diduga Sarat Penyimpangan


230 view
Kejari Simalungun Selidiki Lima Proyek BMBK Sumut Berbiaya Puluhan Miliar Rupiah Diduga Sarat Penyimpangan
foto:maris/mistar
Kejari Simalungun.

Simalungun (SIB)

Kejari Simalungun sudah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan atas adanya dugaan penyimpangan di lima paket kegiatan proyek Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Siantar (UPTJJS) Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumut, tahun anggaran 2021 yang berlokasi di Kabupaten Simalungun.


Hal itu diungkapkan Kajari Simalungun Bobbi Sandri SH MH melalui Kasi Intel Asor Olodaiv Siagian SH ketika dimintai komentarnya, Rabu (10/8) di kantor jaksa tersebut.


Menurut Asor, pihaknya kini sudah membentuk tim guna menyelidiki ke lima proyek yang bersumber dari dana APBD Sumatera Utara dan APBD Kabupaten Simalungun tahun anggaran 2021 berbiaya puluhan miliar rupiah yang diduga sarat dengan penyimpangan tersebut.


Asor mengatakan, tidak ada laporan tertulis kepada Kejari Simalungun terkait permasalahan tersebut. "Sesuai berita yang kami ketahui, Gemapsi (Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun) sudah melaporkan hal itu kepada Kapolda Sumut, Kejati Sumut dan ke KPK," ungkapnya.


"Walau pun Gemapsi tidak melaporkannya ke Kejari Simalungun, namun berhubung lokasi proyek berada di wilayah hukum Kejari Simalungun, ada atau tidak ada delegasi dari Kejati, Kejari Simalungun akan tetap melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap ke lima proyek yang diduga bermasalah tersebut," tegas Asor Olodaiv Siagian didampingi staf intelijen David Siregar.


"Proyek itu ada di lima kegiatan dan kini Kejari Simalungun sedang melakukan Pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) yang diawali dengan mengundang orang-orang yang terkait dengan masalah proyek tersebut untuk dimintai keterangannya," ungkap Asor Siagian.


Siagian menambahkan, hingga saat ini belum ada delegasi dari atasannya yakni Kejatisu agar laporan Gemapsi ditindaklanjuti ataupun ditangani oleh Kejari Simalungun.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com