Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Kemenkes: 99 Persen Warga +62 Sudah ‘Kebal' Covid

Redaksi - Sabtu, 04 Februari 2023 09:34 WIB
189 view
Kemenkes: 99 Persen Warga +62 Sudah ‘Kebal' Covid
Foto: Grandyos Zafna
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Kementerian Kesehatan RI melaporkan, kini 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap virus Corona. Angka tersebut mengacu pada riset bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Namun demikian, Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kemenkes RI, Syarifah Liza Munira, SE., MPP., Ph.D menjelaskan, setiap orang bisa memiliki kadar antibodi yang berbeda. Salah satu faktornya, yakni riwayat kelengkapan dosis vaksin Covid-19.

"99 persen ini kan proporsi penduduk yang mempunyai antibodi. Mengenai kadar antibodinya itu, berbeda-beda," ungkapnya dalam konferensi pers terkait hasil survei imunitas (sero survei) di Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Jumat (3/2).

"Kalau kita lihat sebagaimana disampaikan pakar FKM UI, kadar terbesar ada di booster yang sudah mendapatkan booster. Semakin lengkap status vaksinasi, semakin tinggi kadar antibodinya," sambung Liza.

Lebih lanjut menurut Liza, vaksin Covid-19 yang bisa digunakan masyarakat kini bukan bekerja mencegah infeksi virus Corona sepenuhnya. Melainkan, bekerja menekan risiko keparahan gejala jika seseorang terkena Covid-19.

"Vaksin yang ada di pasaran, Covid-19 ini belum bisa mencegah transmisi, tetapi dia mencegah keparahan kondisi. Kalau kena, risikonya masih ada," beber Liza.

"Jadi kalau ditanya apakah penting melakukan booster status vaksinasinya, satunyntuk antibodi. Kedua untuk mencegah keparahan," pungkasnya.

Dalam paparannya disebutkan, pada Desember 2021 terdapat 87,9 warga RI sudah memiliki antibodi terhadap virus Corona. Berlanjut pada Juli 2022, cakupan meningkat menjadi 98,5 persen. (detikHealth/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ini Varian Covid KP.1 dan KP.2 yang Melanda Singapura
Kasus Meningkat 2 Kali Lipat, Singapura Hadapi Gelombang Baru Covid-19
Sidang Lanjutan Korupsi Pengadaan APD Covid-19 di Dinkes Sumut
AstraZeneca Tarik Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia
Tak Ada Laporan Penyakit TTS, Sumut Sudah Lama Tak Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Terpenjaranya “Sang Pejuang Covid-19”, Penghargaan Pun Sirna
komentar
beritaTerbaru